PIP Semarang Boyong Taruna Pindah Kelas di KM Lawit

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerja sama dengan PT PELNI (Persero) melaksanakan kegiatan Study on Board bagi taruna-taruni di Kapal Motor (KM) Lawit. Kali ini merupakan kelompok kedua dengan jumlah peserta 119 taruna-taruni dan 12 pendamping. Program yang bertujuan memberikan edukasi kepada taruna-taruni untuk melihat secara langsung bagaimana sebuah kapal dijalankan dan fasilitas apa saja yang ada di dalam kapal tersebut. Study on Board kali ini dilaksanakan selama tiga hari, 3–5 Maret 2023, menempuh rute jarak pendek Semarang-Karimunjawa berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pukul 23.00 WIB.

Diawali dengan pembukaan bertempat di ruang salon perwira yang dihadiri oleh Capt. Jahrodin beserta seluruh kru kapal, Kepala PT PELNI (Persero) Cabang Semarang, dan para pendamping dari PIP Semarang. Dr. Andy Wahyu Hermanto, M.T., mewakili Direktur PIP Semarang menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan kedua yang diberikan bagi taruna-taruni untuk mengenal langsung kehidupan di kapal sebelum nantinya mereka melaksanakan praktik.

Sebagai koordinator pelaksana dari pihak kapal yaitu Mualim II, Mar’ie Muhammad Akbar. Peserta dibagi beberapa kelompok sesuai program studi masing-masing. Materi yang diperoleh antara lain Pengenalan Penata Usaha Kapal (PUK), Dokumen Kapal, Dokumen Clearance, Sertifikat Kru, Pengenalan Ruang Kapal, dan Pengenalan Alat Keselamatan, serta Penurunan Sekoci. Materi disampaikan di sela Kegiatan Harian Taruna (KHT). Sesaat setelah kapal bertolak dari Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa dilakukan acara penutupan dan evaluasi untuk peningkatan kegiatan selanjutnya.



Leave a Reply