Pembeda Warna Normal Menjadi Salah Satu Syarat Peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat di PIP Semarang

Upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan dan keamanan transportasi khususnya transportasi laut serta menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas di bidangnya, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Angkatan III periode 7–16 Maret 2023 berupa Basic Safety Training (BST) Kapal Niaga dan Security Awareness Training (SAT).

Kegiatan ini adalah salah satu bentuk nyata hadirnya pemerintah ditengah masyarakat pada bidang transportasi, seperti disampaikan Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., selaku Pembantu Direktur I mewakili Direktur PIP Semarang dalam pembukaan DPM yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) “Balai Mas Pardi”, pada Senin (6/3). “Selamat untuk para peserta yang telah lolos seleksi untuk mengikuti diklat tanpa dipungut biaya. PIP Semarang akan memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan berupa teori dan praktik, semoga para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Agus dalam sambutannya. Acara pembukaan dilaksanakan dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan yang ditunjuk. Tampak hadir Kepala Unit Diklat Keterampilan Pelaut Capt. Dian Kurnianing Sari, S.ST., M.M., instruktur diklat keterampilan BST Kapal Niaga dan SAT serta diikuti 240 peserta diklat yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Putra Samodera Yogyakarta, SMK Negeri 3 Tegal, SMK Negeri 1 Tanjung Sari Gunung Kidul, SMK Negeri 1 Jepara, dan masyarakat umum.

Seluruh peserta yang akan mengikuti diklat diwajibkan lulus dalam rangkaian pelaksanaan tes kesehatan oleh tim medis. Salah satu tes yang utama dalam kelulusan yaitu dinyatakan tidak buta warna.



Leave a Reply