Tingkatkan Hasil Tangkap Ikan Nelayan Kabupaten Demak, PIP Semarang Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M), hadir di kelurahan Mangunjiwan, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak–Jawa Tengah untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Sosialisasi Peningkatan Keselamatan Guna Menunjang Produktivitas Hasil Tangkap Ikan Bagi Pemilik Kapal Perikanan dan Kelompok Nelayan.” Kegiatan berlangsung di Gedung Kelurahan Mangunjiwan, pada Selasa (28/2).

Wakil Direktur I PIP Semarang, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., hadir atas nama Direktur PIP Semarang untuk membuka acara, didampingi Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Kelautan, Dinas Perikanan dan Kelautan Muhammad Sulkhan S.Pi., M.T. Selain tamu undangan dan praktisi acara juga dihadiri peserta sejumlah 75 orang yang terdiri dari para nelayan. Pada sambutannya Agus mengingatkan terkait kemanfaatan kegiatan yang harus dapat dirasakan oleh para peserta. “Sebagai bahan evaluasi dan perbaikan kegiatan serupa yang akan datang, peserta diharapkan dapat mengisi kuesioner yang akan dibagikan panitia di akhir acara.” ungkapnya. Membenarkan apa yang telah disampaikan oleh Wakil Direktur I PIP Semarang, Sulkhan juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran tim dari PIP Semarang dan para nelayan sebagai peserta. “Mewakili teman-teman yang hadir kami sangat berterima kasih kepada pihak PIP Semarang yang telah melaksanakan kegiatan yang pasti sangat bermanfaat ini, dan berharap nelayan yang belum dapat bergabung masih ada kesempatan dalam kegiatan serupa,” ujarnya menutup sambutan.

Ada beberapa materi yang seluruhnya disampaikan oleh para pengajar dari PIP Semarang antara lain Perawatan Permesinan Kapal Perikanan, Efektifitas Penggerak Utama Kapal Untuk Mendukung Hasil Tangkap Ikan, Keselamatan Pelayaran, Prosedur dan Penggunaan Alat Keselamatan, dan informasi terkait program prioritas nasional yaitu Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) serta Seleksi Pendaftaran Calon Taruna (Sipencatar) Tahun Akademik 2023/2024. Narasumber juga membuka kesempatan untuk bertanya bagi peserta yang dirasa masih belum tau dan paham mengenai materi yang disampaikan. Di akhir acara setelah sesi foto bersama, panitia membagikan life jacket dan senter kepala kepada seluruh peserta yang hadir guna menunjang pekerjaan sebagai nelayan.



Leave a Reply