Wujudkan Visi Misi Institusi, PIP Semarang Selenggarakan Lokakarya Tinjauan SPMI

Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada prinsipnya adalah pelaksanaan kinerja yang sesuai dengan pedoman peraturan dan kebijakan yang berlaku untuk terus berupaya menghasilkan suatu perbaikan dan perkembangan mutu dengan menjunjung tinggi standar yang telah ditetapkan. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Satuan Penjaminan Mutu (SPM) menyelenggarakan Workshop Review Buku Standar SPMI. Kegiatan dilaksanakan di ruang Merapi Hotel Laras Asri Salatiga, Senin–Kamis (20–23 Februari 2023).

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur PIP Semarang, Capt. Dian Wahdiana, M.M., melalui daring didampingi oleh Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., yang hadir dalam tatap muka. Adapun nampak hadir dalam acara pembukaan Ir. Emma Hermawati Muhari, M.T., dosen tetap Teknik Kimia Produksi Bersih Politeknik Negeri Bandung (Polban) sebagai narasumber, dan para peserta yang terdiri dari dosen PIP Semarang serta panitia.

Panitia menghadirkan dua narasumber lainnya yaitu Agung Yulianto, M.Si., merupakan dosen dan juga Ketua Badan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Dr. Eng. Yusuf Sulistyo Nugroho, S.T., M.Eng., Kepala Bidang Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu, Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Dalam kegiatan ini terdapat tujuh belas buku yang telah disusun oleh masing-masing tim yang dipresentasikan di depan narasumber untuk mendapatkan masukan sebagai dasar perbaikan. Hasil dari kegiatan ini sangat penting untuk menyempurnakan dokumen yang berstandar SPMI antara lain Kebijakan, Manual Penetapan, Manual Pelaksanaan, Manual Pengendalian, Manual Pengembangan, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi Pembelajaran, Standar Proses Pembelajaran, Standar Penilaian Pembelajaran, Standar dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan Pembelajaran, Standar Pembiayaan, Standar Mahasiswa, Standar Suasana Akademik, Standar Kerjasama Pendidikan, dan terakhir Standar Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.



Leave a Reply