Taruna PIP Semarang Ikuti Onboard Training di Kapal PT. PELNI Menuju Karimunjawa

Kegiatan onboard training bertujuan untuk menambah pengetahuan taruna-taruni di atas kapal guna mempersiapkan praktik laut yang nantinya akan dilaksanakan pada saat semester 5-6. Pada kesempatan kali ini onboard training dilaksanakan di KM. Lawit milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) yang bertolak dari Dermaga Pelabuhan Penumpang Tanjung Emas Semarang pada Jumat malam (17/2). Sebanyak 97 taruna-taruni Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang terdiri dari 48 taruna program studi nautika dan 49 taruna program studi teknika, dengan 10 orang pendamping yang terdiri dari dosen dan tim medis dari PIP Semarang mengikuti kegiatan onboard training yang berlangsung selama tiga hari.

Capt. Herman selaku nakhoda kapal menyambut rombongan didampingi para kru kapal lainnya di ruang salon perwira. Pada kesempatan ini, Capt. Herman menyampaikan rencana kegiatan yang akan dijalankan oleh para taruna. Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.SiT., M.M., mewakili Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan pesan kepada para taruna untuk dapat mengikuti kegiatan dengan maksimal. Kapal tiba di Pelabuhan Legon Bajak Kepulauan Karimun Jawa, dengan selamat, pukul 07.00 WIB pada Sabtu (18/2).

Kegiatan taruna dimulai setelah kapal meninggalkan pelabuhan, antara lain melakukan pengamatan kehidupan pelaut secara nyata di atas kapal, mendapatkan pengalaman bernavigasi, cara perawatan mesin kapal, serta mendapatkan jadwal jaga, baik jaga anjungan maupun jaga kamar mesin.

Pada hari kedua dilakukan pengenalan alat keselamatan di kapal dan juga diijinkan untuk berinteraksi dengan awak kapal serta penumpang agar dapat belajar cara bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Kegiatan praktik menurunkan sekoci dengan benar menjadi agenda terakhir di hari ketiga. Seluruh tim kembali ke kampus dan melanjutkan aktivitas sesuai Kegiatan Harian Taruna (KHT).



Leave a Reply