Tingkatkan Kualitas Manuskrip, PIP Semarang Gelar Coaching Clinic

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali menyelenggarakan kegiatan Coaching Clinic Manuscript Artikel Ilmiah pada 14–17 Februari 2023 di Westlake Resort Yogyakarta yang diikuti oleh 69 peserta dari PIP Semarang dan 6 perwakilan peserta dari UPT yang hadir, yaitu Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), dan Akademi Maritim Suaka Bahari (AKMI) Cirebon. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan layanan teknis berupa konsultasi dan pendampingan dari narasumber kepada manuskrip para peneliti agar tembus jurnal internasional bereputasi.

Acara dibuka oleh Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., mewakili Direktur PIP Semarang, didampingi oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) Pritha Kurniasih M.Sc. Dalam sambutannya Agus mengharapkan manuskrip dari para peneliti dapat diberikan standarisasi berdasarkan pengalaman para narasumber, dan pengawalan terhadap Jurnal Dinamika Bahari PIP Semarang menuju SINTA 4.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian sosialisasi program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2023 oleh Kepala Pusat PPPM, Pritha Kurniasih M.Sc., dan Ketua Kelompok Penelitian, Dr. Darul Prayogo, M.Pd. Dilanjutkan Paparan narasumber pertama, Dr. H. Dede Hamdani, M.Pd., dengan materi “Struktur Manuskrip Jurnal”, dilanjutkan narasumber kedua Soffan Nurhaji, M.Pd., tentang “Manuscript Prepare” keduanya dihadirkan dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Narasumber ketiga Prof. Dr. Parmin, M.Pd., salah satu guru besar dari Universitas Negeri Semarang menjelaskan terkairt “Strategi Menulis Artikel untuk Publikasi Jurnal”. Coaching dilakukan terhadap manuskrip yang telah dibuat oleh para peserta untuk dilakukan perbaikan, sehingga setiap dosen dapat memiliki satu keberhasilan yaitu berhasil mempublikasikan di jurnal internasional terindeks scopus.



Leave a Reply