Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat, P3M PIP Semarang Beri Sosialisasi Pencegahan Korosi dan Keselamatan Pelayaran Bagi Masyarakat Nelayan Desa Mojo, Pemalang

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang Sosialisasi Pencegahan Korosi dan Keselamatan Pelayaran Bagi Masyarakat Nelayan Desa Mojo, Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Kegiatan berlangsung di Gedung Sekretariat Kelompok ”Pelita Bahari”, Pemalang (2/2/23).

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., yang hadir mewakili Direktur PIP Semarang dan disambut oleh Plt. Kepala  Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang Dr. Drs. Supa’at M.Pd., dan dihadiri oleh Kepala Desa Mojo, Risyanto, S.Pd..  Dalam sambutannya Plt. Kepala  Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang menyampaikan bahwa dinamika permasalahan masyarakat nelayan di pantai Kabupaten Pemalang salah satunya saat ini tertuju pada kapal yang mereka gunakan untuk melaut. Kapal adalah aset utama nelayan, sedangkan salah satu kendala nelayan yaitu kapal yang tidak dirawat dengan baik. Selain itu jika ada kendala dengan kapal akan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Supa’at menyampaikan perlunya pengetahuan terhadap keselamatan pelayaran bagi nelayan, salah satunya dengan pencegahan korosi pada kapal dan pentingnya meningkatkan keselamatan bagi nelayan.

Paparan materi pertama disampaikan oleh Capt. H. Suherman, M.Si., M.Mar. tentang Keselamatan Pelayaran, dilanjutkan materi kedua yang disampaikan oleh Janny Adriani Djari, S.ST, M.M. tentang Pengenalan Alat-Alat Keselamatan dan Penggunaannya, kemudian materi ketiga disampaikan oleh Aryanti Fitrianingsih, S.T., M.T. dengan materi Penanggulangan Korosi, dan materi terakhir disampaikan oleh Dian Wahyu Hidayat, S.E. tentang  Sosialisasi Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM)

dan Seleksi Penerimaan Calon Taruna atau yang sering dikenal dengan kata Sipencatar. Kegiatan ditutup dengan pengambilan foto bersama, pembagian souvenir, dan pemberian bantuan berupa lampu darurat kepada para peserta.



Leave a Reply