Festival Band Marakkan Rangkaian Perayaan Dies Natalis ke-49 PIP Semarang

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-49 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang jatuh pada tanggal 15 Januari, PIP Semarang menyelenggarakan Festival Band tingkat SMA/SMK dan Perguruan Tinggi yang diadakan pada 12–13 Januari 2023 di Auditorium Gedung Serba Guna “Balai Mas Pardi”. Technical meeting dilaksanakan pada Rabu, (11/1) yang dihadiri oleh perwakilan peserta dari SMA/SMK dan Perguruan Tinggi yang bersedia mengikuti kegiatan tersebut, total peserta ada 12 grup band, masing-masing kategori SMA/SMK dan Perguruan Tinggi ada enam grup.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Penanggung Jawab Bidang Administrasi Akademik Dr. Capt. Ilham Ashari S.Si.T., M.M., M.Mar yang didampingi koordinator Festival Band Dr. Andy Wahyu Hermanto, S.T., M.T.. Dalam lomba tersebut peserta diminta membawakan lagu wajib Tanah Airku dan satu lagu pilihan dengan genre bebas. Untuk tim penilai, panitia mendatangkan tiga juri profesional dari Halmahera Music School yakni Didi Hermanto, Bagus Imam Al Araf, dan Bahtiar Lukman Wijaya. Untuk menjadi yang terbaik, peserta harus memperhatikan empat kategori penilaian dalam perlombaan ini, meliputi harmonisasi, aransemen, penampilan panggung, dan kreativitas.

Setelah melalui penilaian dan pertimbangan dewan juri, untuk kategori SMA/SMK, SMA Negeri 1 Semarang sukses sebagai juara pertama, disusul oleh SMA Negeri 16 dan SMA Masehi 2 PSAK Semarang di peringkat dua dan tiga. Sedangkan untuk kategori Perguruan Tinggi, juara pertama diraih oleh PIP Semarang, juara kedua diraih oleh Politeknik Bumi Akpelni, dan juara ketiga diraih oleh Polteknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin). Para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, trofi, dan sertifikat.  Juara pertama Festival Band ini akan tampil pada puncak acara Dies Natalis ke-49 PIP Semarang yang akan diselenggarakan pada Minggu 15 Januari 2023, tepatnya di Kampus PIP Semarang.



Leave a Reply