Kepala BPSDM Perhubungan Tinjau Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 di Jateng

Mengawali tahun 2023, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc. melaksanakan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk monitoring dan mengevaluasi transportasi Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 di Jawa Tengah.  Direktur Poiteknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M. turut mendampingi selama kegiatan yang berlangsung, pada 1-3 Januari 2023.

Pada monitoring Angkutan Nataru kali ini, Kepala BPSDMP beserta rombongan mengunjungi beberapa simpul transportasi di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Terminal Mangkang, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Stasiun Semarang Tawang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Terminal Tirtonadi Solo, dan Terminal Ir. Soekarno Klaten.

Beberapa hari yang lalu curah hujan yang cukup tinggi hingga mengalami banjir hampir seluruh wilayah Semarang sempat menganggu pelayanan transportasi di Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Semarang Tawang. Namun demikian, hal ini dapat segera diatasi oleh petugas terkait, sehingga pelayanan dapat segera kembali normal.

“Berdasarkan pada pengalaman cuaca ekstrem yang terjadi, dilakukan evaluasi dan dokumentasi berupa laporan yang mencakup kronologis kejadian beserta cara mengatasinya untuk dapat dijadikan sebagai referensi dalam menyelenggarakan pelayanan transportasi di masa yang akan datang,” ujar Djoko Sasono.

Dalam kunjungannya, Kepala BPSDMP menekankan penyelenggaraan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 perlu untuk  didokumentasikan dan dibuat laporan secara rinci sebagai acuan dan referensi dalam menyiapkan langkah mitigasi kedepan.

“Hasil dari pantauan di beberapa lokasi menunjukkan bahwa jumlah penumpang cenderung mengalami lonjakan, namun pelayanan angkutan umum tetap berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang,” pungkas Djoko Sasono.



Leave a Reply