PIP Semarang Selenggarakan Workshop Penyusunan Modul Pembelajaran Praktik Laboratorium dan Simulator Prodi Nautika

Dengan tersedianya modul pembelajaran praktik laboratorium dan simulator program studi nautika akan menjadi panduan dalam pelaksanaan praktik sesuai materi mata kuliah profesi yang diajarkan oleh para dosen sehingga akan menjadi standar minimal dalam pemenuhan kualitas pembelajaran praktik di lingkungan PIP Semarang. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16–18 November 2022, di Hotel Karlita, Tegal, Jawa Tengah, yang diikuti para dosen program studi nautika PIP Semarang.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan resmi oleh Kepala Bagian Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memastikan bahwa kegiatan pembelajaran praktik merupakan hal penting dalam proses pendidikan vokasi untuk mewujudkan capaian kompetensi para peserta didik. Selain materi bahan ajar, modul kegiatan pembelajaran praktik sesuai kurikulum Standards of Training Certification and Watchkeeping (STCW) 1978 penting untuk terlaksana dengan baik dan memenuhi kualitas standar sistem pendidikan kepelautan internasional. Peralatan praktik yang tersedia harus efektif dengan cara pemanfatan yang tepat agar dapat memenuhi capaian kompetensi, skill, dan keterampilan peserta didik dari aspek kemampuan terhadap pengoperasian alat dan tanggung jawab saat bekerja di atas kapal.

Pembuatan modul praktik dibimbing oleh narasumber yang merupakan dosen ahli pada bidang pembelajaran praktik program studi nautika, Capt. Hadi Supriyono, M.M, M.Mar., materi yang diberikan terkait bagaimana penyusunan sebuah modul yang sesuai standar dan penetapan skenario setiap topik mata kuliah. Dilanjutkan diskusi dan pemaparan hasil dari pembuatan modul oleh para peserta workshop. Dilaksanakannya kegiatan ini agar menjadi panduan belajar yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan kepelautan yang menjadi tugas pokok dan fungsi lembaga diklat, khususnya di lingkungan PIP Semarang, sehingga dapat menghasilkan lulusan sumber daya manusia maritim unggul yang mempunyai daya saing global, handal, dan profesional di bidangnya.