PIP Semarang Selenggarakan Kuliah Umum Bertajuk Implementasi Internasional Safety Management Code

Politeknik Ilmu Perlayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kuliah umum industri maritim yang diikuti oleh 384 taruna semester III, pada Senin, 14 November 2022, di Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi, Kampus PIP Semarang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, M.M., M.Mar. Dalam sambutannya, Capt. Ilham Ashari menyampaikan, kegiatan kuliah umum dan sharing knowledge melibatkan aktor pada industri maritim global, sebagai upaya kolaborasi dan sinergitas, antara lembaga pendidikan serta industri dalam mewujudkan sumber daya manusia transportasi yang unggul dan adaptif terhadap perkembangan era industri saat ini, dan di masa depan. Sehingga diperlukan effort dari PIP Semarang untuk mencapai link and match proses pendidikan bagi industri dan dunia kerja (IDUKA), dengan demikian, kemampuan sumber daya manusia yang tersedia dapat dinilai secara obyektif.

Kegiatan ini mengusung topik Implementasi Internasional Safety Management Code yang merupakan regulasi Internasional Maritim Organization (IMO). Hadir secara daring sebagai narasumber, Operation General Manager/DPA May Maritim Service. SDN. BHD Malaysia, Capt. Agustinus Terry Letsoin.

Perkembangan industri dari aspek teknologi, regulasi, dan lebih khusus yaitu aspek humanity memerlukan perform generasi maritim unggul yang mampu berkolaborasi dengan berbagai potensi sumber daya manusia yang ada serta menghargai perbedaan tanpa diskriminasi serta ego komunitas yang berkonotasi negatif, yang berpotensi menjadi hambatan dalam mengejar kualitas sumber daya manusia.