Peringati Hari Pahlawan, Inspektur Upacara Ajak Civitas Academica Teladani Sifat Pahlawan dan Peduli Transisi Energi

Civitas Academica Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022, bertempat di Plaza Bintang Taruna, Kampus PIP Semarang, Kamis (10/11/2022).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Pembantu Direktur III Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si. Upacara diikuti oleh pejabat struktural dan fungsional, dosen, pegawai, perwira siswa, dan seluruh taruna-taruni PIP Semarang. Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan dan dilanjutkan dengan pembacaan beberapa pesan perjuangan pahlawan nasional.

Saat membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia pada upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022, inspektur upacara mengajak untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara yang merdeka, perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata, serta mulai menumbuhkan kepedulian tentang pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, krisis energi dan air bersih, serta kelangkaan pangan.

“Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19, serta kelangkaan sumber daya harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi Bangsa Pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang,” kata Irup Capt. Anugrah, dalam amanatnya.

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 mengusung tema “Pahlawanku Teladanku”. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan tahun ini diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” pungkas Irup.