Deklarasi Pemersatu Bangsa, Menuju Ber-PRESTASI

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Taruna STIP Jakarta dan Taruna PIP Semarang melaksanakan Deklarasi Pemersatu Bangsa Menuju Ber-PRESTASI, pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Kegiatan deklarasi dilaksanakan di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, pembacaan deklarasi dipimpin oleh Komandan Resimen (Danmen) Taruna dari STIP Jakarta Ahmad Maulidul Anshor dan Danmen Taruna PIP Semarang Hakim Al-Majid, yang diikuti oleh seluruh Taruna STIP Jakarta di lapangan Bintang Kampus STIP dan Taruna PIP Semarang secara virtual, yang bertempat di Auditorium Gedung Serba Guna “Balai Mas Pardi’ Kampus PIP Semarang. Selanjutnya, kedua Komandan Resimen menandatangani deklarasi tersebut.

Kegiatan yang dimulai pukul 15.30 WIB, disaksikan langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL) Amiruddin, M.M., Ketua STIP Capt. Sudiono, M.Mar., Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M., Pembantu Direktur I PIP Semarang Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., serta Ketua Corps Alumni dari PIP Semarang Laksamana Pertama TNI (Purn). Maghoni, M.Sc., Ketua Corps Alumni Zona Khusus Semarang Dr. F. Pambudi Widiatmaka, M.T., dan Sekretaris Umum Corps Alumni dari STIP Jakarta. Tampak hadir secara virtual, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang Dr. Capt. Ilham Ashari, S.SiT, M.M., M.Mar.

Yang menjadi harapan dari diselenggarakannya deklarasi ini, Taruna STIP Jakarta dan Taruna PIP Semarang akan berkomitmen dan berjanji untuk:

  1. Menjunjung tinggi Pancasila, UUD NKRI 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai ideologi serta pandangan hidup yang merupakan nilai, moral, yang mendasari pola pikir, sikap, dan perilaku yang bermartabat;
  2. Mewujudkan cita-cita Sumpah Pemuda dengan bersatu membangun bangsa untuk memenuhi sumber daya manusia industri pelayaran yang berkualitas;
  3. Mewujudkan budaya akademik yang menjunjung nilai dan perilaku yang berkarakter PRESTASI, yakni Profesional, Etika, Standar Global, dan Integritas;
  4. Perilaku dan tindak kekerasan antar taruna merupakan tindakan yang tidak bermartabat dan berprikemanusiaan yang harus dicegah dan dihindari.

Mengutip pesan Ketua STIP, Direktur PIP Semarang, maupun dari Corps Alumni,

“Kejadian yang telah terjadi beberapa waktu lalu adalah yang terakhir, dan kedepannya adalah kolaborasi sebagai taruna BPSDMP, bersatu padu saling mendukung memajukan transportasi laut untuk memajukan bangsa Indonesia”.