Sebagai Upaya Capacity Building Pustakawan di Lingkungan UPT BPSDM Perhubungan, PIP Semarang Gelar Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi

Merujuk Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Salah satu jenis perpustakaan adalah perpustakaan perguruan tinggi, yaitu perpustakaan yang terdapat di lingkungan perguruan tinggi, badan bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan perguruan tinggi untuk mencapai tujuannya yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Unit Perpustakaan dan Penerbitan, menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Rangka Capacity Building bagi Pustakawan. Kegiatan dilaksanakan pada 17–21 Oktober 2022, di Dynamite Harris Hotel & Convention Solo.

Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M. hadir membuka acara secara daring, menyampaikan bahwa adanya perpustakaan saat ini untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat perguruan tinggi antara lain dosen, taruna, tenaga kependidikan dan menyediakan koleksi referensi, menyediakan ruangan belajar, serta menyediakan jasa peminjaman koleksi.

“Kegiatan ini selain untuk memperluas pengetahuan para pengelola perpustakaan yang ada di PIP Semarang, juga diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta perwakilan yang berasal dari UPT di bawah BPSDM Perhubungan.” ucapnya dalam sambutan.

Hadir sebagai narasumber pertama, System Librarian Perpustakaan Pusat Kementerian Kelautan dan Perikanan Ibnu Fat Khan, S.IP. Ibnu menyampaikan materi terkait Dasar-Dasar Perpustakaan. Menurutnya, perpustakaan sebagai salah satu lembaga yang bertugas mengelola informasi. Oleh karena itu keberadaan perpustakaan mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam dunia informasi dan pendidikan. Perubahan yang terjadi dalam manajemen dan teknologi pengelolaan informasi harus direspon oleh perpustakaan, agar perpustakaan dapat terus menjalankan fungsinya dalam menyediakan informasi kepada masyarakat sebagai pemakainya.

Narasumber kedua, Kepala Perpustakaan Universitas Buddhi Dharma Iskandar S.I.P. Materi yang disampaikan terkait Layanan Perpustakaan. Layanan perpustakaan bertujuan agar bahan pustaka yang disediakan perpustakaan dapat dimanfaatkan dan digunakan secara maksimal atau dengan benar oleh pemakai, serta membantu memenuhi kebutuhan pemakai akan informasi secara akurat dan tepat. “Secara umum dapat dikatakan bahwa fungsi kegiatan layanan perpustakaan adalah sebagai jembatan antara bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan dengan pemustaka yang membutuhkannya guna mengoptimalisasikan pemanfaatan bahan pustaka yang ada,” ujar Iskandar menutup sesinya.

Materi Peningkatan Pengetahuan TI Bagi SDM Perpustakaan dan Perkembangan Ekosistem Perpustakaan Digital disampaikan oleh pemateri ketiga, yang merupakan Praktisi Bidang Research Data Management dan Tenaga Pengajar di UPN Veteran Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M. Dalam diskusi ini, Dudu panggilan akrabnya, mengambil studi kasus repositori institusi sebagai bahan diskusi, dan mengajak seluruh peserta untuk menyampaikan pengalamannya di UPT asalnya masing-masing, terkait pengelolaan repositori. Kegiatan dikemas sangat menarik oleh panitia yang dipimpin Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang Alfi Maryati S.H., beserta pustakawan  dengan memasukkan unsur permainan pada proses penyampaian materi menggunakan platform Kahoot, dan juga gimik yang membuat para peserta tetap antusias menerima materi yang sangat banyak, dan dapat bertahan hingga akhir acara.

Acara ditutup secara resmi oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., mewakili Direktur PIP Semarang secara daring dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para narasumber yang telah membagikan ilmunya, dan apresiasi kepada para peserta yang telah menyelesaikan kegiatan dengan baik, serta panitia yang telah mengawal kegiatan hingga tuntas.

“Ini adalah kegiatan yang sangat banyak manfaatnya bagi pengelola perpustakaan, ke depan kami akan berupaya untuk terus melanjutkan kegiatan serupa dengan narasumber yang kompeten di bidangnya, dan mengajak seluruh pengelola perpustakaan UPT di lingkungan BPSDM Perhubungan agar dapat maju bersama. Dengan mengucapkan Alhamdulillah, Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Rangka Capacity Building bagi Pustakawan, saya nyatakan ditutup,” pungkas Ilham mengakhiri sambutannya.