Dukung Program Pertukaran Taruna Mandiri, PIP Semarang Lakukan Kerja Sama dengan STIP Jakarta

Dalam rangka mengembangkan jiwa kepemimpinan, softskills yang adaptif terhadap beragam latar belakang, meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas antar taruna-taruni sekolah kedinasan di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melakukan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta pada bidang pertukaran taruna-taruni.

Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M., dan Ketua STIP Jakarta Capt. Sudiono, M.Mar., melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama disaksikan Kepala Bidang Pendidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL) Capt. Samuel Palembangan, M.Mar., pada Rabu, 19 Oktober 2022, di Kampus STIP Jakarta. Semuel menyampaikan, program pertukaran taruna-taruni mandiri antara kedua pihak selanjutnya akan dilakukan evaluasi setiap bulan dan pengawasan kegiatan, serta penyebaran kelas kolaborasi untuk pencapaian tujuan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Lingkungan BPSDM Perhubungan. Pertukaran taruna dilaksanakan selama tiga minggu, dimulai dari tanggal 5–27 November 2022.

Sasaran dari pelaksanaan kegiatan pertukaran taruna mandiri adalah taruna aktif PIP Semarang dan STIP Jakarta, Program Diploma IV Pola Pembibitan Program Studi Nautika semester tiga sebanyak 24 taruna. Program pertukaran taruna tersebut dilaksanakan untuk memperkuat dan menambah kompetensi lulusan perguruan tinggi. Selama pelaksanaan, taruna mengikuti kegiatan belajar sesuai dengan mata kuliah kampus asal serta melakukan kegiatan olahraga, kesenian dan belajar tentang kearifan lokal yang ada di daerah kampus tujuan. Kegiatan ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi peserta kegiatan pertukaran taruna serta institusi.