Taruna Batalyon III PIP Semarang Ikuti Kuliah Umum dari PT Adaro Logistics

Untuk mempersiapkan lulusan yang berkompeten di segala aspek maritim, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerja sama dengan PT Adaro Logistics mengadakan kuliah umum pada Senin, 10 Oktober 2022 yang diikuti oleh batalyon III atau taruna-taruni semester tujuh dan delapan yang berjumlah 422 orang, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi PIP Semarang.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, S.SiT, M.M.,M.Mar. dan didampingi oleh Penyiap Program Praktik Kerja PIP Semarang Muchtar Lutfi Dwi Anggoro, S.ST., serta Manager Human Resource PT Adaro Logistics Yudi Fatoni Wijaya dan HSSE and Port Operation Dept. Head Capt. Tutug Panji Sagoro. Dalam sambutannya, Kabag Admik menyampaikan apresiasi dan harapan kepada PT Adaro Logistics dalam mendukung penyerapan Taruna Prala dan Alumni PIP Semarang untuk meraih peluang pada Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), dan berharap para taruna dapat menambah wawasan terkait perkembangan industri maritim secara global.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaikan tentang profil perusahaan PT Adaro Logistics dan program kerja yang disampaikan oleh Yudi Fatoni Wijaya. PT Adaro Logistics memiliki program untuk mengedukasi masyarakat agar hidup sehat dan tetap melestarikan budaya lokal di Kalimantan.

Dilanjutkan dengan penjelasan oleh Capt. Tutug Panji Sagoro yang menyampaikan materi tentang “Penyelenggaraan dan Pengusahaan di Pelabuhan”, di mana pelabuhan di Indonesia tidak hanya dikelola oleh perusahaan BUMN, tetapi juga dikelola oleh perusahaan swasta seperti PT Adaro Logistics. Capt. Tutug juga menyampaikan, peluang kerja lulusan sekolah pelayaran tidak hanya berkesempatan untuk meniti karier di dunia pelayaran saja, akan tetapi untuk lulusan pelayaran juga masih dapat berkarier di bidang lain, ada banyak softskill yang bisa digunakan seorang pelaut untuk berkarier di darat. Taruna-taruni disarankan untuk tidak berpuas diri tentang apa yang telah diraih dan berdiam diri di zona nyaman, mereka diharapkan agar selalu berusaha untuk berani mencoba hal yang baru supaya dapat mengembangkan diri.