PIP Semarang Jadi Koordinator Penyusunan Buku Ajar Diploma IV Prodi Teknika di Lingkungan PPSDMPL

Menindaklanjuti rapat koordinasi pimpinan di Lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) yang dilakukan di Poltekpel Surabaya, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang ditunjuk menjadi koordinator yang menyelenggarakan Lokakarya Finalisasi Penyusunan Buku Bahan Ajar Program Studi Teknika di Lingkungan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL). Kegiatan dilaksanakan di Harris Hotel Batam, Riau, pada Selasa–Jumat, 4–7 Oktober 2022.

Kegiatan dibuka secara daring oleh Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M. Dalam sambutannya, beliau berharap sehubungan dengan penyusunan buku ajar, ke depan bisa mendapatkan ilmu untuk taruna, tidak hanya dipembelajaran saja akan tetapi, taruna nantinya dapat menerapkan di lapangan.

“Setiap UPT yang diberi tanggung jawab wajib segera menyelesaikan berkaitan dengan hasil buku ajar, yang nantinya akan digunakan dan berlaku di semua UPT,” ucap Direktur PIP Semarang Capt. Dian.

Hadir pula Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., Kepala Bidang Pendidikan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Capt. Semuel Palembangan, serta perwakilan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, dan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, PIP Semarang selaku koordinator penyusunan buku ajar menghadirkan narasumber dari Praktisi Maritim Ir. Agus Budi Hartono, serta Analis Hukum Ahli Madya DJKI Kementerian Hukum dan HAM RI Rikson Sitorus. Di sela-sela paparan materi seringkali disisipkan sesi tanya jawab. Dalam penyusunan buku ajar ada empat UPT yang diberikan tanggung jawab untuk menyusun mata kuliah sebagai bahan ajar nantinya.