PIP Semarang Gandeng Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro Laksanakan Madatukar Calon Taruna Angkatan LIX

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerja sama dengan Komando Pendidikan dan Latihan Tempur (Dodiklatpur), Resimen Induk Komando Daerah Militer (Rindam) IV Diponegoro, Klaten, pada 1 Oktober 2022, melaksanakan Masa Dasar Pembentukan Karakter Taruna (Madatukar) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Calon Taruna (catar) Angkatan LIX di Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro, Klaten.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Komandan Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro Mayor Inf Agus Raisuddin. Tampak hadir pula Pembantu Direktur I PIP Semarang Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., Pembantu Direktur III Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si., M.Mar., Kepala Bagian Keuangan dan Umun Heri Sularno, M.H., M.Mar.E., Ketua Program Studi Teknika H. Amad Narto, M.Pd, M.Mar.E., dan Kepala Pusat Pembinaan Mental Moral dan Kesamaptaan (PMMK) Dr. Andy Wahyu Hermanto, S.T., M.T. Kegiatan Madatukar UPT akan diselenggarakan mulai tanggal 1–5 Oktober 2022, yang diikuti oleh 349 catar, terdiri dari Program Studi Nautika 140 catar, Program Studi Teknika 96 catar dan Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan 113 catar.

Materi yang diberikan dalam masa dasar pembentukan karakter taruna meliputi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, PBB, PUDD, Tata Upacara Sipil dan Militer, Survival, Kompas Siang, Caraka, Renungan Suci, serta Alarm Stelling. Kegiatan Madatukar bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan mampu mengelola hubungan dengan diri sendiri, orang lain, dengan organisasi, dan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa serta mampu membuat keputusan yang baik.