PIP Semarang Gandeng SMK Pelayaran Pancasila Kartasura Laksanakan Peningkatan Kompetensi Taruna Pra Prala

Melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM), Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran Pancasila Kartasura, Selasa, 27 September 2022.

Hadir memberi sambutan dan sekaligus membuka acara selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, M.M., M. Mar. mewakili Direktur PIP Semarang. Saat sambutan, Capt. Ilham menyampaikan bahwa kehadiran tim PPPM PIP Semarang merupakan wujud nyata dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pelaksanaan sosialisasi keselamatan pelayaran dan keamanan lingkungan maritim bagi seratus taruna-taruni, Jurusan Nautika SMK Pelayaran Pancasila Kartasura.

Turut hadir saat pembukaan Kepala Sekolah SMK Pelayaran Pancasila Kartasura Bambang Sugito, S.E., M.Pd., didampingi para pengajar. Saat sambutannya, Bambang menyambut baik kegiatan sosialisasi ini, dan menyampaikan pesan untuk para peserta agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh.

“Kegiatan ini telah lama dinantikan, suatu kehormatan sekolah kita menjadi target kegiatan ini, saya minta seluruh peserta agar mengikuti kegiatan dengan rasa senang dan suka cita, sehingga nanti apa yang disampaikan narasumber dari PIP Semarang dapat menjadi tambahan ilmu bagi para taruna-taruni semua,” ujar Bambang.

Dalam kegiatan ini tiga narasumber hadir menyampaikan materi antara lain Capt. Samsul Huda, M.M., M.Mar., memaparkan materi Ensure Compliance with Pollution Prevention Requirements, selanjutnya Capt. Firdaus Sitepu, S. ST., M.Si., memaparkan materi Responding to Emergencies. Kegiatan ini diikuti taruna-taruni jurusan nautika dengan saksama dan di akhir paparan tiap materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Seluruh peserta sebelumnya juga telah dibagikan hand sanitizer, pulpen, bloknot, materi, masker, dan pakaian kerja (wearpack) sebagai penunjang pembelajaran.