PIP Semarang Targetkan Raih Akreditasi Internasional di Tahun 2022

Pengusulan Akreditasi Internasional untuk Program Studi Nautika, Teknika, dan Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang sudah memiliki Akreditasi Unggul (A) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), merupakan target yang harus dicapai pada tahun 2022 ini. Sebelum unggah dokumen, dilakukan Lokakarya Finalisasi Pengusulan Akreditasi Internasional bertempat di Grand Mercure Hotel, Solo Baru, 20–23 September 2022.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur PIP Semarang yang diwakili oleh Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, didampingi Wakil Direktur II PIP Semarang Drs. Suharto, M.T. Dalam sambutannya, Ilham menyampaikan bahwa lokakarya ini merupakan salah satu tahap sebelum dilakukan unggah dokumen.

“Target kami, akhir September tahun 2022 ini dokumen sudah bisa diunggah, berdasarkan hasil studi banding dan pendampingan dari para narasumber, proses asesmen dapat dilaksanakan tidak lama setelah dilakukan unggah dokumen. Penyusunan dokumen ini adalah final project dari rangkaian pengusulan akreditasi internasional,” ujar Ilham.

Akreditasi merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh lembaga yang berwenang, sebagai hasil penilaian bahwa lembaga tersebut telah memenuhi syarat maupun kriteria mutu yang ditetapkan. Akreditasi internasional dilakukan lembaga akreditasi dari negara lain atas permintaan perguruan tinggi untuk melakukan kaji ulang dan evaluasi terhadap kriteria standar mutu program studi. PIP Semarang memilih AQAS (Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programmes), sebagai lembaga akreditasi internasional yang akan melakukan asesmen dan visitasi berdasarkan standar pendidikan tinggi Eropa (EHEA).

Untuk menguatkan persiapan unggah dokumen dan strategi menghadapi penilaian, PIP Semarang mengundang narasumber dari Universitas Negeri Malang, Ani Wilujeng Suryani, S.E., M.AcctgFin, Ph.D., yang berbagi pengalaman terkait proses penilaian dari AQAS. Berdasarkan kriteria penilaian dari AQAS, ada tujuh kriteria yang harus disiapkan untuk diajukan dan selanjutnya dilakukan penilaian. Kegiatan ini diikuti oleh masing-masing tim penyusun dari kriteria 1 Quality of The Curriculum, Kriteria 2 Procedure for Quality Assurance, Kriteria 3 LTA of Student, Kriteria 4 Student Admission; Progression; Recognition; and Certification, Kriteria 5 Teaching Staff, Kriteria 6 Learning Resources and Student Support, dan Kriteria 7 Public Information.