Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Diklat Kepelautan, Ditjen Hubla Lakukan Surveillance Audit di PIP Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Unit Satuan Penjaminan Mutu (SPM) selaku unit penyelenggara, melaksanakan opening meeting kegiatan Surveillance Audit Diklat Kepelautan Tahun Anggaran 2022, bertempat di Ruang Sidang Besar PIP Semarang, dengan menerapkan protokol kesehatan, pada Selasa (23/8).

Surveillance audit yang dilakukan oleh tim dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dan didampingi oleh tim dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL) Kementerian Perhubungan, dilaksanakan pada tanggal 23–25 Agustus 2022.

Acara dibuka oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum Heri Sularno, M.H., M.Mar.E., yang mewakili Direktur PIP Semarang, serta dihadiri secara hybrid oleh para Auditee. Tim dari Ditkapel diwakili oleh: Astri Wahyuningsih, S.SiT., M.A., Capt. Guntur Fitrah Phahensa, S.ST., M.Mar., serta Capt. Dicky Purnama, S.ST., M.Mar, sedangkan tim dari PPSDMPL diwakili oleh Adi Casmudi Kusuma dan Irwandi.

Surveillance audit dilakukan sebagai upaya agar penjaminan kualitas penyelenggaran pendidikan dan pelatihan diklat kepelautan telah sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang berlaku. Dalam pelaksanaannya, surveillance audit diklat kepelautan terdiri dari, rapat pembukaan audit, pengecekan dokumen, pengecekan sarana dan prasarana, pengecekan pelaksanaan program, pembuatan laporan ketidaksesuaian hasil audit, serta rapat penutupan audit.