PIP Semarang Adakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Logistik bagi Tenaga Pendidik

PIP Semarang mengadakan pelatihan dan uji kompetensi Logistics Administrative Officer and National Logistics Ecosystem. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada 18–20 Agustus 2022, bertempat di Hotel Grasia Semarang. Pelatihan diikuti sebanyak 25 orang yang merupakan tenaga pendidik PIP Semarang.

Pelatihan dibuka resmi oleh Pembantu Direktur III, Dr. F.Pambudi Widiatmaka, M.T., yang bertindak mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya, Pudir III menyampaikan, peningkatan kapasitas pada bidang manajemen logistik sangat bermanfaat karena kegiatan logistik ini mempunyai keterikatan dengan dunia industri, khususnya pada bidang pelayaran.

Narasumber yang memberikan materi dalam pelatihan ini adalah praktisi dari Asosiasi Logistik dan Forwarding, Jawa Tengah. Salah satu hal yang disampaikan dalam pelatihan ini, bahwa manajemen logistik merupakan aktivitas yang sangat penting dalam sebuah perusahaan karena sangat berpengaruh terhadap besarnya biaya produksi yang harus ditanggung. Adanya dinamika permintaan konsumen, menuntut pengelolaan logistik untuk menggunakan pendekatan baru yang mampu meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan.

Pelatihan ini memberikan arahan bagi peserta mengenai teknik dan metode pengelolaan logistik yang efektif dan terintegrasi, yang meliputi aktivitas pembelian, pergudangan, pengendalian inventori, dan distribusi barang. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke Gudang Logistik PT Ritra Cargo Indonesia dan seluruh peserta yang lulus dalam uji kompetensi, akan mendapatkan sertifikat kompetensi logistik.