Direktur PIP Semarang Wisuda 291 Orang Wisudawan dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda Ke-95

Sebanyak 291 orang Wisudawan Program Diploma IV Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dilantik sebagai Sarjana Terapan Pelayaran (S.Tr.Pel) dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-95, bertempat di Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi, pada Selasa (16/8). Acara dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, para orang tua dan keluarga wisudawan mengikuti jalannya acara melalui aplikasi video conference Zoom, serta disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube PIP Semarang.

Mengawali rangkaian acara, ditandai dengan pembukaan secara resmi oleh Ketua Senat PIP Semarang Amad Narto, M.Pd, M.Mar.E., dilanjutkan pembacaan laporan pendidikan yang disampaikan oleh Wakil Direktur I Nasri, M.T., M.Mar.E., menyebutkan sejumlah 291 lulusan yang terdiri dari 109 orang Program Studi (Prodi) Nautika, 75 orang Prodi Teknika, dan 107 orang Prodi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK). Kepada para wisudawan mendapatkan gelar vokasi sarjana Diploma IV (S.Tr. Pel).

Selanjutnya, di antara wisudawan ini, ada yang mendapatkan predikat terbaik dan kepadanya diberikan Lencana atas prestasinya, yaitu:

  1. Lencana “Kartika Niti Yogya Prodi Nautika”, atas nama: Ravi Rifaldo Hariandja, S.Tr. Pel.
  2. Lencana “Kartika Niti Yogya Prodi Teknika”, atas nama: Reza Ubaidillah, S.Tr. Pel.
  3. Lencana “Kartika Niti Yogya Prodi TALK”, atas nama: Muhammad Abdullah Al-Bait, S.Tr. Pel.
  4. Lencana “Kartika Nugraha Adhisastra Prodi Nautika”, atas nama: Aryo Sasongko, S.Tr. Pel.
  5. Lencana “Kartika Nugraha Adhisastra Prodi Teknika”, atas nama: Edo Fatah Hidayah, S.Tr. Pel.
  6. Lencana “Kartika Nugraha Adhisastra Prodi TALK”, atas nama: Andrik Cahyati, S.Tr. Pel.
  7. Lencana “Kartika Nugraha Adhibrata”, atas nama: Ananta Sambega Bintang, S.Tr. Pel.
  8. Lencana “Kartika Nugraha Adhiraga”, atas nama: Diah Puspitasari, S.Tr. Pel.
  9. Lencana “Kartika Nugraha Adhiwicara”, atas nama: Al Ivan Noyottama Purwoko, S.Tr. Pel.

Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M. dalam sambutannya mengatakan, sebagai insan perwira transportasi lulusan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), hendaknya berpegang pada nilai-nilai PRESTASI (Profesional, Etika, Standar Global, dan Integritas) yang melekat dan tertanam, serta dapat diterapkan di dunia kerja.

“Bakti anda telah ditunggu, para wisudawan dan wisudawati harus menjadi salah satu ujung tombak pembangunan bangsa ini, dan diharapkan dapat berperan serta secara aktif, dan menjadi bagian dalam memajukan industri pelayaran nasional, serta harus mampu memberikan sumbangsih bagi terwujudnya cita-cita bangsa untuk menjadi poros maritim dunia,” pesan Capt. Dian Wahdiana.

Sejalan dengan sejarah perkembangan kelembagaan dari tahun 1951 hingga saat ini, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang telah menghasilkan lulusan sebanyak 12.294 orang. Para lulusan tersebut terdiri dari bidang keahlian nautika 5676 orang, bidang keahlian teknika 5317 orang, dan bidang keahlian tata laksana angkutan laut dan kepelabuhan 1301 orang.