Tim Observer PIP Semarang Laksanakan Monitoring dan Evaluasi Public Service Obligation di Kapal Pelni

Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Ditlala) Ditjen Perhubungan Laut dan Badan Pengembangan SDM Perhubungan yang diwakili Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) Public Service Obligation (PSO) di Kapal PT PELNI Triwulan II, pada tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus 2022. Kegiatan dibuka oleh Pimpinan PT PELNI Cabang Semarang Ida Ayu, serta didampingi oleh perwakilan PT PELNI Pusat, pada 31 Juli 2022 di kantor PT PELNI Cabang Semarang.

PT PELNI menyambut baik tim monev dan tim PIP Semarang selaku observer. Kegiatan monev PSO dipimpin oleh Ketua Tim dari Ditlala Capt. Samsul Huda, M.Mar, menyampaikan kegiatan monev dilakukan dengan tujuan memberikan evaluasi terhadap pelayanan publik, dalam hal ini layanan transportasi laut bagi masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan, dengan mengikuti pelayaran kapal PT PELNI, yaitu kapal KM. Kelimutu dengan tujuan dari Semarang ke Sampit. Kegiatan monev PSO di kapal KM. Kelimutu disambut baik oleh nahkoda Capt. M. Anwar Nor dan kru KM. Kelimutu. Capt. Anwar Nor menyampaikan bahwasanya seluruh kru kapal akan menyampaikan dan memberikan jawaban sesuai pertanyaan dan kondisi di lapangan. Pelaksanaan kegiatan dengan materi pengoperasian sistem navigasi dan keselamatan kapal dilaksanakan di anjungan, dan didampingi oleh nahkoda, perwira bagian dek, ketua tim, serta observer dari PIP Semarang Capt. Arika Palapa.

Dilanjutkan materi pengecekan performa permesinan kapal, pelaksanaan didampingi oleh Kepala Kamar Mesin (KKM), perwira bagian mesin, tim monev, beserta tim observer dari PIP Semarang M. Sapta Heriyawan, M.Si. Kegiatan selanjutnya yaitu terkait kelayakan akomodasi penumpang, kegiatan ini didampingi oleh Mualim I, tim monev, tim observer Ditlala Dr. Winarno, S.H., M.Hum, serta dari program studi TALK PIP Semarang Fajar Transelasi, S.Tr., M.A.P.

Di akhir kegiatan, ketua tim observer dari PIP Semarang Capt. Arika Palapa, M.Mar berharap kepada nahkoda beserta kru KM. Kelimutu, serta PT Pelni untuk turut serta membangun generasi bangsa dengan memberikan waktu belajar bagi praktik kadet di atas kapal, serta memberikan informasi bagi para kadet, sehingga nantinya para kadet dapat mempunyai kompetensi secara baik.



Leave a Reply