PIP Semarang Gelar Sosialisasi Keselamatan Pelayaran Bagi Kapal Wisata Tradisional

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan sosialisasi keselamatan pelayaran bagi kapal wisata tradisional di Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan berlangsung di Gedung Pertemuan Nelayan Pantai Baron Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, pada tanggal 18–20 Juli 2022.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur I, Nasri, M.T, M.Mar.E yang hadir mewakili Direktur PIP Semarang dan disambut oleh Sekretaris Desa Kemadang Suminto. Dalam sambutannya, Suminto menyampaikan bahwa sebenarnya ada urban perkerjaan atau masa transisi yang awalnya murni nelayan, tetapi karena ada peluang dan potensi yang bisa dimanfaatkan dari kelompok wisata bahari, akhirnya pendapatannya jauh lebih banyak. Lebih lanjut, dalam pemaparan materi oleh Suminto menyampaikan bahwa kelompok sadar wisata harus memastikan bahwa di Pantai Baron dapat menjamin untuk pemeliharaan kebersihan lingkungan agar dapat menjaga kondisi yang bersih, indah, sejuk, dan nyaman.

Materi yang dipaparkan dalam acara sosialisasi ini antara lain, pemaparan materi pertama tentang “Alat Keselamatan” yang disampaikan oleh Moh. Zaenal Arifin, S.ST, M.M., dilanjutkan materi kedua tentang “Surat Kapal (Dokumen Kapal)” oleh Capt. Indah Saraswati S.Pd., M.T., M.Mar., dan materi terakhir disampaikan oleh Pranyoto, S.Psi, M.Pd. tentang “Basic Safety Training”. Kegiatan diakhiri dengan pengambilan foto bersama, pembagian suvenir, dan pemberian bantuan berupa Life Jacket dan Head Flash Light.