PIP Semarang Raih Juara Umum Kejuaraan Pencak Silat PSHT Cup Kota Semarang 2022

Kejuaraan dilaksanakan pada tanggal 2—3 Juli 2022, bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) Satria Kota Semarang. Kejuaraan diselenggarakan oleh Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) cabang Kota Semarang.

Peserta diikuti oleh anggota Perguruan Pencak Pilat PSHT se-Kota Semarang, yang terdiri dari ranting, rayon, dan komisariat. Cabang yang dipertandingkan adalah tanding laga dan seni. Kategori peserta pertandingan dibagi menjadi empat, yaitu kategori usia dini, praremaja, remaja, dan dewasa.

Komisariat PSHT Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang turut serta berpartisipasi dalam ajang kejuaraan pencak silat tersebut. PIP Semarang ikut serta pada tanding laga dan seni untuk kategori dewasa. Komisariat PSHT PIP Semarang telah berdiri sejak 2017, dan sudah berhasil menorehkan berbagai prestasi diajang kejuaraan tingkat kota maupun nasional. Saat ini yang menjabat sebagai Ketua Komisariat sekaligus pelatih PSHT PIP Semarang Dr. Andy Wahyu Hermanto, S.T., M.T., yang berprofesi sebagai dosen PIP Semarang.

PIP Semarang mengirimkan lima belas atlit pencak silat taruna dan taruni. Tiga belas atlit mengikuti tanding laga, dan dua atlit mengikuti seni tunggal. Untuk tanding laga, atlit putra PIP Semarang mengikuti pertandingan di kelas A, B, C, D dan E. Sedangkan atlit putri mengikuti pertandingan di kelas B, C, dan E. Untuk pertandingan seni tunggal, PIP Semarang mengirimkan satu atlit putra dan putri.

Hasil perolehan medali PIP Semarang mendapatkan 4 medali emas, 4 medali perak, dan 1 medali perunggu. Dari hasil perolehan medali, PIP Semarang berhasil meraih gelar juara umum pada kategori dewasa Kejuaran Pencak Silat PSHT Cup Kota Semarang 2022. Ini merupakan prestasi terbaik dalam kurun waktu empat tahun terakhir, karena pertama kalinya menjadi juara umum pada kejuaraan pencak silat.

 

Penulis: Andy Wahyu Hermanto.

Penyunting: Tim Redaksi.