Menhub Budi Karya Sumadi Terima Gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa dari UGM

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendapatkan anugerah gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Keputusan tersebut termaktub dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada nomor 483/UN1.P/KPT/HUKOR/ 2022, tentang penganugerahan gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa Universitas Gadjah Mada kepada Ir. Budi Karya Sumadi.

Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono M. Eng., D. Eng., IPU menyatakan, penganugerahan gelar doktor kehormatan honoris causa tersebut didasarkan atas jasa luar biasa Menhub Budi Karya Sumadi dalam pelaksanaan pembangunan transportasi nasional di seluruh Indonesia. Sehingga menjadi bagian dalam memajukan sistem transportasi dan perekonomian bangsa.

“Menimbang dan seterusnya, mengingat seterusnya, memutuskan, menetapkan, menganugerahkan gelar doktor kehormatan, doktor honoris causa kepada Budi Karya Sumadi,” ujar Panut yang disampaikan oleh Sekretaris Rektor UGM Gugup Kimono di aula UGM, Senin (23/5).

Dalam orasi ilmiahnya, Menhub mengatakan bahwa Indonesia telah berhasil keluar dari resesi ekonomi di tengah ketidakpastian global yang masih tinggi dan menyatakan ekonomi telah rebound melalui berbagai sektor termasuk transportasi.

“Pandemi Covid-19 masih melanda dunia, namun saat ini ekonomi Indonesja telah rebound melalui berbagai sektor termasuk transportasi. Tapering dan kenaikan suku bunga AS hingga permasalahan perubahan iklim terus mengalami ketidakpastian,” kata Menhub Budi Karya.

Lebih lanjut, Menhub menegaskan transportasi punya andil besar dalam pertumbuhan ekonomi. Pembangunan infrastruktur transportasi masih menjadi fokus saat ini.

“Infrastruktur transportasi sangat penting dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan mengurangi disparitas pendapatan dan harga. Transportasi merajut nusantara adalah sistem transportasi yang menjamin konektivitas antar wilayah di nusantara,” pungkasnya.