Tingkatkan Inovasi Terintegrasi, Poltekpel Sumatera Barat Kunjungi Perpustakaan PIP Semarang

Unit Perpustakaan dan Penerbitan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menerima kunjungan studi banding dari Perpustakaan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat pada, Kamis (19/5), bertempat di Lantai III Gedung Serba Guna. Kunjungan diwakili oleh Afif Azhari dan Suharyadi. Tujuan studi banding ini adalah berbagi informasi mengenai pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi.

Pada pengantar kunjungannya, Afif Azhari menyampaikan bahwa ingin belajar dari perpustakaan PIP Semarang terkait dengan inovasi, dan juga karena perpustakaan PIP Semarang salah satu perpustakaan di bawah Kementerian Perhubungan yang sudah terakreditasi “A”.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan Alfi Maryati, S.H. bersama empat orang pustakawan PIP Semarang. Terkait inovasi yang telah dilakukan oleh perpustakaan PIP Semarang, Alfi menyampaikan bahwa inovasi yang ada tidak terlepas dari dedikasi serta semangat para pustakawan, dukungan manajemen, dan tentunya kolaborasi yang baik dari seluruh unit dengan perpustakaan dan penerbitan PIP Semarang.

Pada kegiatan studi banding terdapat paparan profil perpustakaan PIP Semarang yang dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab, antara lain mengenai SOP, integrasi Slims dan SiAKAD, turnitin, layanan e-journal dan e-book. Alfi Maryati menambahkan perlunya mengubah mindset mengenai pentingnya perpustakaan untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga dapat tercipta perpustakaan yang menjadi pusat informasi bagi civitas academica.

Penutupan kegiatan studi banding dilanjutkan dengan tour library untuk melihat fasilitas dan layanan secara fisik yang tersedia di perpustakaan PIP Semarang. Setelah tour library tersebut dilanjutkan dengan tukar menukar cendera mata dan foto bersama.