“Ayo Bangkit Bersama”, Jadi Tema Peringatan Harkitnas Ke-114

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 hari ini, Jumat (20/5), bertempat di Plaza Bintang Taruna PIP Semarang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Direktur III Dr. F. Pambudi Widaitmaka, M.T., upacara Harkitnas tahun ini diikuti oleh seluruh civitas academica PIP Semarang secara luring, yang terdiri dari dosen, pegawai, serta taruna-taruni PIP Semarang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI yang dibacakan Inspektur Upacara, mengajak kita semua untuk bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia.

“Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif,” ujar Johnny seperti dilansir dari laman Kominfo RI.

“Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan,” imbuhnya.

Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital, dan Transisi Energi Berkelanjutan.

Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!