Sharing Knowledge Pemanfaatan Sumber Informasi Elektronik dan Tips Publikasi Jurnal

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Unit Perpustakaan dan Penerbitan menyelenggarakan kegiatan sharing knowledge dengan tema “Pemanfaatan Sumber Informasi Elektronik dan Tips Publikasi Jurnal”, secara daring, pada Senin (18/4).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Direktur I Nasri, M.T., yang bertindak mewakili Direktur PIP Semarang dan menghadirkan Noorika Retno Widuri yang merupakan Pustakawan Ahli Madya di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dalam sambutannya, Nasri menyampaikan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan sharing knowledge ini.

“Dengan adanya kegiatan yang bertujuan memberikan pengetahuan kepada para peserta tentang sumber-sumber elektronik dan meningkatkan keterampilan dalam menelusuri literatur khususnya e-resources untuk kepentingan penyusunan penelitian, diharapkan nantinya peserta juga mendapatkan tips publikasi jurnal, baik jurnal nasional maupun jurnal bereputasi global dari narasumber,” ungkap Nasri.

Narasumber memberikan materi sesuai harapan dan beberapa metode penelusuran yang disampaikan antara lain research rabbit, boolean operators, publish or perish. Selain menyampaikan materi, para peserta juga ditunjukkan praktik cara akses penelusuran literatur.

Peserta kegiatan sebanyak 195 orang, yang terdiri dari dosen dan taruna PIP Semarang, tampak hadir pula dosen dan tenaga kependidikan dari UPT lain di lingkungan Kementerian Perhubungan. Dipandu Indah Nurhidayati, M.Si sebagai moderator, kegiatan berjalan lancar hingga akhir yang ditutup dengan sesi tanya jawab.