Hadirkan Guru Besar, PIP Semarang Gelar Bimbingan Teknis Pengisian SISTER

Bertempat di Ruang Rapat Hotel Golden City Semarang, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang gelar acara Bimbingan Teknis Update Data Feeder, Sister Beban Kerja Dosen (BKD) serta pelaporan awal dan akhir Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) pada program studi nautika, teknika, tata laksana angkutan laut dan kepelabuhan (TALK). Kegiatan berlangsung selama tiga hari, Senin—Rabu, 28—30 Maret 2022 dengan menggunakan metode hybrid dan tetap menerapkan protokol kesehatan bagi peserta yang hadir tatap muka.

Pembukaan dipimpin oleh Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M. Selain menyapa para peserta yang merupakan dosen PIP Semarang, juga hadir peserta perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan khususnya matra laut, antara lain STIP Jakarta, Poltekpel Sumatera Barat, Poltekpel Banten, Poltekpel Surabaya, PIP Makassar, Poltekpel Barombong, Poltekpel Sulawesi Utara, dan Poltekpel Sorong.

Dalam sambutannya, Capt. Dian Wahdiana menyampaikan harapan dari terlaksananya kegiatan ini.

“PDDIKTI adalah sebuah pusat kumpulan data penyelenggara pendidikan tinggi seluruh Indonesia. Kumpulan data tersebut dikelola oleh Dirjen Dikti Kemendikbudristek RI. Data yang ada merupakan hasil sinkronisasi yang dikelola oleh masing-masing perguruan tinggi nasional, menghimpun data yang mencakup dosen, taruna, aktivitas belajar, nilai, dan riwayat kelulusan,” ungkap Capt. Dian Wahdiana.

“Saat ini dari seluruh perguruan tinggi di bawah Kementerian Perhubungan belum ada yang menjadi professor, kebanyakan berstatus lektor,” tambahnya mengakhiri sambutan.

Untuk membuka wawasan serta cara meraih jenjang jabatan fungsional, dihadirkan narasumber dari Universitas Islam Sultan Agung yaitu Prof. Anis Mashdurohatun seorang Guru Besar dari Fakultas Hukum Unissula. Narasumber kedua Prof. Dr. Indah Susilowati, Ph.D Guru Besar Ilmu Ekonomi Universitas Diponegoro. Narasumber ketiga Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H. Kepala LLDIKTI 6, serta narasumber keempat Nurkholis S.Kom., seorang Analis Sistem Informasi LLDIKTI 6. Seluruh narasumber memberikan motivasi dan cara pengisian Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER).