Memahami Aturan Penting Jamuan Resmi, PIP Semarang Gelar Table Manner bagi Taruna Batalyon II

Berdasarkan program kerja Pusat Pembangunan Karakter Taruna dan Pasis khususnya untuk taruna batalyon II angkatan 57 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, dilaksanakan kegiatan table manner dengan tujuan agar para taruna sebagai calon perwira di kapal dapat mengerti aturan, etika, dan standar umum yang dipakai dalam jamuan makan resmi, serta meningkatkan profesionalisme, baik dalam karier maupun bisnis nantinya. Dengan berbekal ilmu etiket di meja makan, dapat meningkatkan kepercayaan diri bagaimana seharusnya bersikap dan menjaga profesionalisme di segala situasi.

Kegiatan table manner dilaksanakan di aula Mutiara Garden Semarang Town Square (MG Setos), pada (28/3), dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan disambut oleh General Manager MG Setos Wuryanto, dalam sambutannya menyampaikan tentang perjamuan makan yang diterapkan di MG Setos telah berstandar hotel bintang empat. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur PIP Semarang yang diwakili oleh Kepala Pusat Pembangunan Karakter Taruna Abdi Seno, M.Si, M.Mar.E yang menyampaikan pentingnya kegiatan table manner ini.

“Sebagai bekal menambah kepercayaan diri, kami selenggarakan kegiatan ini agar taruna dapat memahami tata cara jamuan makan berstandar internasional yang memungkinkan dihadapi saat praktik laut maupun praktik darat serta pada saat bekerja nanti,” ucap Kapusbangkatarsis.

Kegiatan diikuti oleh 410 taruna angkatan 57 didampingi pengasuh dan perwira. Terkait etika dalam table manner dipandu oleh Food and Beverage Manager (FBM) MG Setos Semarang, dengan materi perjamuan internasional dari mulai persiapan yang harus dilakukan pada saat akan mengikuti table manner, pemahaman tentang penggunaan alat makan, pelatihan tata cara makan dan pengetahuan tentang menu makan serta urutan jamuan mulai dari appetizer, main course, dessert, dan minuman.