Direktur Jenderal Diksi Kemendikbudristek Pimpin Upacara Wisuda ke-94 PIP Semarang

Bertempat di Gedung Serba Guna “Balai Mas Pardi” kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang telah dilaksanakan upacara wisuda ke-94 Perwira Transportasi Program Diploma IV PIP Semarang Tahun 2022, dengan menggunakan metode hybrid serta menerapkan protokol kesehatan, Senin (28/3).

Upacara wisuda dipimpin oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D.

Pelaksanaan wisuda kali ini mengusung tema “Lulusan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Siap Berkolaborasi Mewujudkan Generasi Maritim yang Unggul dan Tangguh Menyongsong Indonesia Maju”. Selaras dengan tema tersebut, dalam sambutannya Dirjen Diksi berpesan kepada wisudawan, dengan adanya pandemi, globalisasi, hingga disrupsi teknologi, semakin nyata bahwa masa depan bergerak sangat amat cepat dan tidak menentu. Sehingga menuntut SDM Kemaritiman hari ini untuk dapat menjadi pribadi pembelajar sepanjang hayat, cerdas untuk dapat memosisikan diri, belajar hal baru, dan adaptif pada perubahan, dan itu semua adalah kemampuan softskills yang harus dimiliki oleh peserta didik, pendidik, pemangku kebijakan, dan anda semua wisudawan wisudawati untuk bisa berkompetisi di kancah global.

“Saya berpesan kepada saudara, agar selalu berpegang teguh pada kebenaran dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugas di masa yang akan datang, tetap jaga konsistensi dimanapun berada agar menjadi insan yang memiliki integritas tinggi demi mencapai potensi yang maksimal,” kata Wikan.

Lebih lanjut, Dirjen Diksi menyampaikan, gagasan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia memang perlu diapresiasi sebagai reimajinasi dari kejayaan maritim nusantara masa lampau. Tetapi untuk menjadi negara maritim yang kuat diperlukan komitmen bersama yang nyata untuk membangun bidang kemaritiman agar menjadi semakin baik dan kuat, serta harus terus menghadirkan inovasi dan kreasi untuk menghadapi tantangan masa depan yang begitu kompleks.

”Bakti anda telah dinanti, para wisudawan dan para lulusan harus mampu menorehkan kiprah yang besar dalam industri maritim. Saudara sekalian harus ikut berperan aktif untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi poros maritim dunia. Masa depan Indonesia adalah di sektor maritim, dan saudara sekalian adalah salah satu unsur di dalamnya,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam laporan pendidikan yang disampaikan oleh Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M. menyampaikan, sebanyak 85 wisudawan yang terdiri dari program studi (prodi) nautika 44 orang, prodi teknika 36 orang, dan prodi tata laksana angkutan laut dan kepelabuhan 5 orang, telah melaksanakan sidang senat terbuka, dan berhak  menyandang gelar “Sarjana Terapan Pelayaran” (S.Tr.Pel) yang dikukuhkan dalam sidang senat terbuka PIP Semarang, pada Kamis, 24 Maret 2022. Di antara wisudawan ini, terdapat wisudawan yang mendapatkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yang diraih oleh Dwi Sapto Anggoro, S.Tr.Pel. dengan IPK 3,46 dari prodi nautika dan Marchellinus Ivan Hutomo Putro, S.Tr.Pel. dengan IPK 3,48 dari prodi teknika.