PIP Semarang-STMM Yogyakarta serta Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Bersinergi dalam Pengabdian Masyarakat di Pantai Sadeng Gunungkidul

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta dan Pelabuhan Perikanan Pantai Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melakukan kegiatan sosialisasi untuk nelayan Pantai Sadeng Gunungkidul, dengan mengusung tema “Sosialisasi Keselamatan Pelayaran, Pencemaran Lingkungan Maritim, dan Peningkatan Kompetensi Perawatan Permesinan Kapal”, serta “Pelatihan Digital Marketing untuk Produk Hasil Tangkapan Nelayan”. Kegiatan berlangsung selama dua hari, Rabu—Kamis, 23—24 Maret 2022, melalui tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Acara dibuka oleh Wakil Direktur I PIP Semarang Nasri, M.T., M.Mar.E., dalam sambutannya Nasri menyampaikan harapan dari terlaksananya kegiatan ini.

“Dengan kolaborasi ini saya berharap ada manfaat yang diperoleh bagi peserta terkait pemahaman pentingnya keselamatan kerja dengan perawatan permesinan kapal, serta upaya pemasaran produk tangkapan nelayan melalui program digital marketing,” ungkapnya mengakhiri sambutan.

Tampak hadir perwakilan dari Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Dislautkan DIY Wargiatno, S.Pi., dan juga Pembantu Ketua I STMM Yogyakarta Dr. Drs. Sudono, M.Si., didampingi Pembantu Ketua III Egi Giantoro, SE., M.Si.

Pada kesempatan ini pula, dilakukan penandatangan kerja sama antara PIP Semarang dengan STMM Yogyakarta, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari PIP Semarang, Febria Surjaman, M.T., beserta tim dengan materi teori dan praktek perawatan permesinan kapal, surat-surat kapal, dan praktek pemadaman kebakaran. Materi selanjutnya disampaikan oleh narasumber dari Pelabuhan Perikanan Pantai Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Wargiatno, S.Pi., tentang kebijakan pelabuhan perikanan pantai DIY, dilanjutkan Sarina, S.P., M.M. tentang keselamatan pelayaran.

Hari kedua, narasumber dari STMM Yogyakarta, David Kristiadi, S.Si, M.Cs. beserta tim menyampaikan materi Dasar Fotografi dan Videografi, produksi konten pemasaran menggunakan smartphone dan optimasi platform digital. Pada akhir kegiatan, dilanjutkan dengan pemberian bantuan berupa jaket pelampung kepada peserta yang hadir.