PIP Semarang-Distrik Navigasi Kelas II Semarang Jalin Perjanjian Kerja Sama Kegiatan Navigasi Goes to Campus

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang turut hadir dalam acara Navigasi Goes to Campus dengan Tema “Jiwai Hospitable Spirit Sepenuh Hati untuk Ditjen Hubla yang Melayani”. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Novotel Semarang dengan menerapkan prokes, pada Kamis (10/3).

Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M., hadir bersama jajaran dan perwakilan taruna. Acara dibuka oleh Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Dr. Capt. Mugen Suprihatin Sartoto, M.Sc. Dalam sambutannya Capt. Mugen menyampaikan tentang hospitable spirit yang merupakan jiwa Ditjen Hubla untuk melayani dengan hati. Dalam kesempatan yang sama diawali laporan kegiatan oleh Kepala Distrik Navigasi Kelas II Semarang Dian Nurdiana, S.T., M.T.

Hadir sebagai keynote speech, Direktur Kenavigasian Ir. Hengki Angkasawan, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum dan Asst. Ekonomi dan Pembangunan Prov. Jawa Tengah Dra. Peni Rahayu., M.Si. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Distrik Navigasi Kelas II Semarang dengan institusi pendidikan antara lain; Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Universitas Diponegoro, PIP Semarang, POLIMARIN, Politeknik Bumi Akpelni, dan Unimar AMNI.

Sejumlah lima narasumber dihadirkan dalam acara ini diantaranya; Direktorat Kenavigasian Nanditya Darma Wardhana S.H., M.Sc., menyampaikan materi mengenai Automatic Identification System (AIS) yaitu sebuah transiver yang bekerja pada frekuensi maritim 161.975 MHz dan 162.025 MHz sesuai regulasi Internasional Maritime Organization (IMO). Pemateri selanjutnya Wakil Kepala BABINKUM TNI Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro SH., LL.m., Ph.D., membahas mengenai selat-selat dan perbatasan yang menjadi wilayah navigasi dan alur pelayaran bagi kapal-kapal dunia yang melintas di indonesia. Selanjutnya dari  Fakultas Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro Ocid Mursid, S.T., M.T., yang berbagi ilmu tentang teknologi perkapalan, yang salah satunya menggunakan robot untuk pengelasan bawah air. Praktisi dan Akademisi Bidang Pelayaran Capt. Indra Priyatna, menyampaikan tentang perkembangan teknologi navigasi yang harus mulai direncanakan bagi akademisi dunia pelayaran, dan dari Institute Teknologi Sepuluh November A.A Bgs., Dinariyana Dwi Putranta, S.T., MES., Ph.D., menyampaikan terkait research di bidang pelayaran dan navigasi yang terus berkembang dan terkoneksi dengan big data.