Usung Tema Keselamatan, P3M PIP Semarang Lakukan Pengabdian bagi Masyarakat di Kabupaten Wonosobo

Mengawali kegiatan di tahun 2022, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) melaksanakan kegiatan sosialisasi di tengah pandemi yang belum usai, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kegiatan dilaksanakan atas kerja sama PIP Semarang dengan Pemerintah Desa Maron dan Pengelola Pariwisata Telaga Menjer, dan bertempat di Balai Belajar yang berlokasi tidak jauh dari Kantor Kepala Desa Maron,  pada 9-10 Februari 2022, dengan mengusung tema “Peningkatan Kompetensi dan Keselamatan  Penumpang di Atas Kapal serta Keterampilan Perbaikan Perawatan Permesinan Kapal Motor” bagi masyarakat Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Kegiatan diawali dengan koordinasi dan persiapan di lokasi pelaksanaan kegiatan, serta susur telaga untuk mengetahui mesin yang dipakai oleh para operator perahu wisata. Dilanjutkan dengan menyiapkan tempat dengan standar protokol kesehatan. Pada hari kedua, acara dibuka oleh Wakil Direktur I PIP Semarang, Nasri M.T., M.Mar.E., didampingi Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si., yang bertindak mewakili Direktur. Pada sambutannya Nasri menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Desa Maron.

“Sebagai Perguruan Tinggi di bawah naungan Kementerian Perhubungan yang mempunyai kewajiban melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya.

Di sela  waktu penyampaian materi dengan topik “Pemanfaatan Wisata Telaga Sebagai Penunjang Perekonomian Desa”, Marji selaku Kepala Desa Maron menyampaikan dukungan dan apresiasi pada PIP Semarang yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan. Dilanjutkan oleh Purwantono Joko Susilo, sebagai salah satu perwakilan pelaku wisata dengan topik materi “Peningkatan Pengelolaan Wisata Telaga Menjer”.

Materi selanjutnya disampaikan oleh perwakilan Badan SAR Nasional (BASARNAS) Hardi Amanurijal, S.IP., yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Pos SAR Wonosobo dengan materi “Keselamatan Penumpang”. Pemateri selanjutnya Capt. Dwi Antoro,M.M., M.Mar., dan Arya Widiatmaja, S.Si.T., M.S., menyampaikan materi “Teknik Keselamatan Diri atau Personal Survival Technique (PST)”. Kaprodi Teknika PIP Semarang, Amad Narto, M.Pd., M.Mar.E beserta tim dengan materi “Permesinan Kapal”, dalam kesempatan yang sama, para narasumber mengajak peserta untuk mempraktekkan cara mengatasi masalah terhadap mesin kapal. Sebagai materi penutup disampaikan oleh Capt. Indah Saraswati, S. Pd., M.T., M.Mar., materi praktek penggunaan Life Jacket (jaket penyelamat) dan Life Buoy (cincin pelampung).

Kegiatan berlangsung interaktif sampai dengan sesi tanya jawab yang diikuti pemberian suvenir bagi peserta yang aktif dan penanya terpilih. Tampak antusiasme dari para peserta dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Kegiatan diakhiri dengan pembagian cendera mata berupa jaket pelampung kepada seluruh peserta diakhiri foto bersama.