UK-Indonesia Gelar FGD Bahas Identifikasi Kesenjangan Sektor Maritim di Indonesia

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI bekerja sama dengan International Labour Organization (ILO) menggelar focus grup discussion (FGD) bidang maritim dan investasi, bertajuk “Skills for Prosperity”, pada Rabu, (26/1). Kegiatan terselenggara secara hybrid di Premiere Club Room, Santika Premiere Hotel Semarang. Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Capt. Dian Wahdiana, M.M turut hadir mewakili Plt. Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk konsolidasi antar instansi pemerintah dengan ILO dan stakeholder terkait. Diawali pembukaan dan sambutan oleh Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelola Jasa Kelautan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Firman Ibnu Sina, S.T., M.Sc mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan dan berharap FGD ini merupakan langkah awal untuk dapat menghasilkan ide atau gagasan maupun inovasi untuk memajukan sektor maritim sebagai wujud tindak lanjut visi Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Turut hadir mendampingi, National Project Officer ILO Muce Mochtar, Education and Skill Advisor British Embassy Jakarta Halida Nufaisa, dan Capt. Ferry Luntungan dari IKPPNI. Direktur PIP Semarang memaparkan materi perihal Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Kementerian Perhubungan. Kegiatan ini turut menghadirkan narasumber Chief Examiner Maritime and Coastguard Agency UK and Solent University.