“A Little Thing for a Big Hope”, Jadi Slogan Giat Donor Darah dalam Rangka Dies Natalis ke-48 PIP Semarang

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-48 PIP Semarang yang jatuh setiap tanggal 15 Januari, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerja sama dengan Unit Donor Darah PMI Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan donor darah dengan slogan “a Little Thing for a Big Hope”. Kegiatan diselenggarakan di Auditorium Gedung Serba Guna “Balai Mas Pardi”, Kamis (13/1). Selain untuk memperingati dies natalis, kegiatan bakti sosial donor darah ini ditujukan untuk menumbuhkan kepedulian dan membantu sesama yang membutuhkan transfusi darah.

Kegiatan donor darah ini mendapat respon positif dari civitas academica, hal ini terbukti dari antusiasme para taruna dan pegawai PIP Semarang dalam kegiatan ini. Serangkaian proses dalam donor darah dimulai dari registrasi, cek golongan darah, cek tensi, cek hemoglobin, pemeriksaan dokter, dan dilanjutkan donor apabila memenuhi syarat dengan kriteria antara lain tensi normal, “hb” normal, sehat, tidak dalam pengobatan, tidak habis vaksin, tidak sedang hamil bagi pendonor wanita. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 – 13.30 wib. Karena keterbatasan waktu dari petugas PMI maka dibatasi hanya 106 kantong yg bisa diambil.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan donor darah, terutama bagi orang lain yang membutuhkan. Mengacu pada Palang Merah Amerika, sumbangan darah dari satu orang dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa dan disebutkan jika donor tersebut dibutuhkan setiap dua detik. Hal ini mampu menjadi momen yang tepat untuk menyebarkan kebaikan, sekaligus menyehatkan tubuh. Ada banyak manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh pendonor, antara lain: dapat mendeteksi penyakit serius, meningkatkan produksi sel darah, serta dapat menjaga kesehatan jantung.