Penyusunan Materi Uji Kompetensi Baru pada LSP-P1 PIP Semarang

Kegiatan Workshop Penyusunan Materi Uji Kompetensi Pipe Welder, Tenaga Kerja Bongkar Muat (General Cargo), dan Mooring Unmooring dilaksanakan oleh Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, mengacu pada Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Nomor 185 Tahun 2018, di Grand Inna Kuta, 15-18 Desember 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kompetensi asesor meliputi proses asesmen, melaksanakan asesmen, dan memberikan konstribusi dalam validasi asesmen. Kegiatan dibuka oleh Wakil Direktur I PIP Semarang Bapak Nasri, M.T., M. Mar.E., mewakili Direktur. Dalam sambutannya Nasri menyampaikan pentingnya kegiatan ini karena merupakan bagian dari proses lahirnya seorang asesor. “Penyusunan materi uji kompetensi dalam workshop ini telah mengacu pada aturan yang berlaku, sehingga menghasilkan materi uji kompetensi yang selaras dengan buku kerja yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber bergelar Master Assessor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yaitu Agus Subagyo, AT., M.M., dan Nurul Indah Susanti, M.Si. Para peserta terdiri dari asesor, pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), dosen, dan pegawai PIP Semarang, serta perwakilan peserta dari Pelindo III Regional Jawa Tengah dan KSOP Kelas II Benoa. Dipandu narasumber, peserta yang telah dibagi sesuai jenis mata uji melakukan reviu terkait materi uji yang telah disusun, sekaligus validasi materi uji kompetensi oleh Master Assessor.