Tingkatkan Literasi Pengajar, PIP Semarang Selenggarakan Penyusunan Buku Ajar

Salah satu komponen penunjang proses pembelajaran ialah buku ajar, yang pada hakikatnya menjadi sumber belajar mengajar dan pegangan pengajar maupun peserta didik. Buku ajar adalah buku standar yang disusun oleh para ahli di bidangnya dengan maksud dan tujuan instruksional. Di dalamnya terdapat sarana-sarana pengajaran untuk memudahkan pemakainya dalam mempelajari sesuatu.

Sejalan dengan hal tersebut Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan Workshop Penyusunan Buku Ajar Diklat Peningkatan Pelaut Tingkat IV dan V, di lingkungan PIP Semarang. Kegiatan diselenggarakan selama empat hari, 15-18 Desember 2021, bertempat di The Kuta Beach Heritage Hotel, Bali.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si. yang bertindak mewakili Direktur PIP Semarang, dalam sambutannya menyampaikan dua hal yang menjadi perhatian, antara lain pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) Direktur dan IKU BAN-PT, serta memberikan pembekalan kepada para tenaga pendidik, tentang cara menyusun sampai dengan menerbitkan buku ajar.

Narasumber yang hadir dalam acara workshop Dr. I Nengah Laba, seorang praktisi, penulis buku, sekaligus akademisi dari Universitas Dhyana Pura Bali. Materi yang disampaikan membahas tentang pengertian, tujuan, dan tahapan menulis. Menurut penjelasan Dr. Nengah Laba, secara umum pengertian menulis adalah menuangkan gagasan, ide, dan pendapat dalam sebuah tulisan.

“Memang, menjadi seorang penulis itu tidak sekedar memiliki niat dan cita-cita, tetapi juga harus memahami terlebih dahulu makna menulis. Fungsinya, agar lebih bisa mendalami dan bisa konsentrasi lagi dalam menuangkan ide serta gagasan,” ujar I Nengah Laba.

Diskusi para peserta workshop yang terdiri dari 31 orang dengan narasumber, mewarnai jalannya acara, pemaparan bahan buku ajar juga disampaikan oleh Koordinator Penyusun Buku Nautika dan Teknika. Di hari terakhir, acara ditutup secara resmi oleh Wakil Direktur III Dr. F. Pambudi Widiyatmaka, M.T.