Ketua Harian DPKP Resmikan Aplikasi “OTmon” di Semarang

Selasa (7/12), bertempat di Ballroom Arcadia Hotel Aston Inn, Jl. Pandanaran No. 40 Semarang, telah diselenggarakan peresmian aplikasi On Training Monitoring for Cadet (OTmon) oleh Ketua Harian Dewan Penguji Keahlian Pelaut (DPKP) Capt. Rudiana.

OTmon adalah aplikasi yang dibuat dengan tujuan mempermudah monitoring dan komunikasi antara taruna praktik laut (prala), pembimbing prala, dan lembaga diklat. Aplikasi dapat dijalankan menggunakan telepon seluler berbasis android.

Capt Rudiana dalam sambutannya menyampaikan, dengan perkembangan teknologi dan perkembangan industri 4.0, diharapkan bisa mewujudkan dan memudahkan dalam rangka mengawasi taruna yang praktik di atas kapal niaga.

Turut hadir dalam peresmian aplikasi, Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Capt. Dian Wahdiana, Direktur Perkapalan dan Kepelautan yang diwakili oleh Kasubdit Kepelautan Capt. Jaja Suparman, dan 94 peserta yang berasal dari perwakilan Pelaksana Ujian Keahlian Pelaut (PUKP) se-Indonesia dan lembaga diklat di bawah naungan PUKP

Capt. Dian Wahdiana menyampaikan apresiasi terkait inovasi aplikasi yang telah dikembangkan meskipun masih ada beberapa fitur yang masih perlu peningkatan sistem.

“Aplikasi OTmon dapat mengakomodir kegiatan monitoring praktik taruna di atas kapal, melihat track record taruna, serta dapat memfasilitasi pada saat taruna akan melaksanakan Ujian Keahlian Pelaut (UKP), dan diharapkan dengan adanya aplikasi yang berbasis android ini, taruna bisa melakukan upload data dimana dan kapan saja,” ujar Capt. Dian Wahdiana.

Selanjutnya sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) terkait penggunaan aplikasi OTmon disampaikan oleh Capt. Arika Palapa, M.Si, selaku Sekretaris PUKP V Semarang.