PIP Semarang Laksanakan Pelatihan Penyegaran Satpam Dalam Rangka Pemantapan Kinerja

Sebanyak 33 Satuan Pengamanan (Satpam) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, tampak bersemangat mengikuti pelatihan penyegaran dalam rangka pemantapan kinerja Satuan Pengaman (Satpam), yang diselenggarakan di Hotel Ibis, Jl. Gajahmada No.172 Semarang. Acara yang diselenggarakan selama dua hari, tanggal 4-5 Desember 2021 ini diisi dengan mendengarkan paparan dari beberapa narasumber dan materi praktik Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum Slamet Riyadi, M.Si, M.Mar., bertindak mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa poin yang menjadi fokus perhatian untuk meningkatkan kinerja Satpam, diantaranya performa dalam melayani pengguna jasa.

“PIP Semarang sedang mencanangkan untuk mencapai target Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), karena gerbang utamanya dari security untuk memberi pelayanan, baik pelayanan untuk internal maupun eksternal, harus ada perubahan dalam kinerja,” kata Kabag Keuangan dan Umum.

Dalam acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Direktur PT. Produktif Citra Sukses Ir. Prin Mahadi selaku koordinator pelaksanaan kegiatan serta narasumber dari Kanit Keamanan Swakarsa (Kamsa) Satbinmas Polrestabes Semarang Iptu Yulianto.

Materi hari pertama meliputi tugas pokok fungsi dan peranan satpam, pelayanan prima dan aturan penggunaan seragam serta atribut, pengaturan dan penjagaan, serta diakhiri dengan praktik PBB.

Di hari terakhir, diisi materi paparan pentingnya pelayanan prima, etika kerja, Basic Customer Handling, Basic Mentality, Basic Complain Handling, dan komunikasi produktif.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan cendera mata kepada narasumber, penyerahan sertifikat pelatihan secara simbolis yang diwakili Koordinator Satpam Puji Azis. Penyerahan hadiah untuk tiga peserta terbaik selama mengikuti pelatihan, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.