Pelaksanaan Tes CAT SKB Pengadaan CASN Kemenhub Formasi Tahun 2021

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang menjadi panitia dalam pelaksanaan Tes CAT (Computer Assesment Test) SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) Pengadaan CASN Kementerian Perhubungan Formasi Tahun 2021, yang dilaksanakan pada tanggal 4-6 Desember 2021, di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelum pelaksanaan tes CAT SKB pengadaan CASN Kemenhub formasi tahun 2021 dimulai, Ketua Tim Panitia SKB Melfin Sirait, S.E., M.M., membacakan sambutan Menteri Perhubungan (Menhub). Dalam sambutannya, Menhub menyampaikan seleksi pada tahun ini merupakan rangkaian upaya untuk memperoleh Calon Aparatur Sipil Negara Kementerian Perhubungan yang memiliki knowledge, skill, dan attitude yang terbaik di antara para pelamar yang mengikuti seleksi ini.

“Oleh karena itu, adik-adik harus memahami bahwa seluruh peserta seleksi ini pada hakekatnya sedang berkompetisi, bersaing untuk memperebuatkan peluang atau formasi yang tersedia dan jumlahnya sangat terbatas,” kata Menhub.

Menhub juga menyampaikan kepada panitia pelaksana agar melakukan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab, agar seleksi ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar sesuai harapan kita bersama, serta tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Tim BKN atas kerja sama dan koordinasi yang baik.

Sebagai gambaran, bahwa jumlah pelamar CASN Kemenhub sebanyak 106.334 orang, yang memenuhi persyaratan (lulus) administrasi sebanyak 78.445 orang, dan yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) serta berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebanyak 6.023 orang, yang akan memperebutkan 2.445 formasi. Tes dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti wajib membawa bukti swab antigen, mengenakan masker double, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk ke area lokasi tes.