PIP Semarang Selenggarakan Pelatihan Protokol bagi Pegawai

Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat. Hal tersebut diatur pada Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan pelatihan protokol bagi pegawai dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta keterampilan menjadi seorang protokoler. Kegiatan diselenggarakan pada tanggal 25-27 November 2021, bertempat di Hotel Horison Nindya Semarang. Acara diawali dengan sambutan Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M., dan dilanjutkan pemaparan materi dari lima narasumber yang sudah sangat berpengalaman di bidang protokoler dan Master of Ceremony (MC).

Narasumber yang hadir diantaranya, Kabag. Humas dan Protokol Sekda Prov. Jateng Drs. Lilik Henry Ristanto, M.Si., Kasi Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial, Dinas Sosial Prov. Jateng Rr. Diah Binarti., S.H., S.S., Widyaiswara Ahli Utama BPSDMD Prov. Jateng Dr. Martuti, M.M., serta dari praktisi protokoler Yuli Cahyono., S.T., M.T., dan Naiza Rosalia., S.Sos., M.Si. Diskusi dan tanya jawab, serta berbagi pengalaman dari para narasumber menjadikan motivasi dan semangat bagi para peserta pelatihan yang mengikuti dengan antusias.