Launching Tracer Study Alumni “TRASTmi” Diharapkan menjadi “Career Centre” Bagi Alumni dan Masyarakat Maritim Indonesia

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan Sosialisasi dan Launching Tracer Study Alumni (TRASTmi). “TRASTmi” merupakan sebuah aplikasi Tracer Study Alumni PIP Semarang yang mampu menyajikan berbagai informasi yang mendalam dan terperinci mengenai relevansi dunia kerja seiring perkembangan teknologi. Kegiatan dilaksanakan di Ballroom Luminor Hotel Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, pada Selasa, (02/11).

Acara dihadiri oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat BPSDM Perhubungan Sindu Rahayu, S.IP., M.Si, M.H., secara tatap muka mewakili Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan. Dalam sambutannya Sindu memberikan apresiasi adanya aplikasi “TRASTmi” ini karena memiliki kelebihan yaitu dapat diakses dengan mudah menggunakan telepon pintar. Berbeda dengan “Career Centre” yang lain, dimana harus diakses secara fisik dengan mendatangi tempatnya. Hal ini membuat PIP Semarang selangkah lebih maju dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah BPSDM Perhubungan lainnya.

“Ini patut dibanggakan karena memiliki salah satu sekolah dengan aplikasi yang sangat baik. Adapun kunci keberhasilan dari tracer study adalah partisipasi alumni. Sehingga saya melihat apa yang dilakukan PIP Semarang pada hari ini adalah langkah cerdas karena melaksanakan launching di Jakarta, dimana banyak perusahaan dan alumni yang berdomisili di sini. Sehingga dapat mensosialisasikan “TRASTmi” secara langsung,” jelas Sindu.

Hadir secara virtual Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL) Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M., M.H. Kapus melihat kelebihan dari aplikasi ini sebagai pusat informasi yang sangat detil, sehingga PPSDMPL dapat mengetahui jenis pelatihan apa yang relevan dengan perkembangan dunia maritim internasional.

“Saya harap aplikasi “TRASTmi” ini dapat terus dikembangkan agar tidak hanya bermanfaat untuk PIP Semarang tetapi juga bisa diadopsi oleh perguruan tinggi lain,” kata Capt. Sahattua.

Selain dihadiri secara tatap muka acara ini juga dapat diakses secara virtual melalui media Zoom. Tampak civitas academica PIP Semarang dan para alumni turut bergabung.

Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M, yang turut hadir secara luring, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini, baik yang dapat hadir secara langsung maupun yang hadir melalui virtual. Direktur PIP Semarang juga menyampaikan manfaat dan tujuan dari aplikasi “TRASTmi” ini selain merupakan media penyedia data secara akurat mengenai situasi hubungan perguruan tinggi dengan dunia kerja serta sistem pengembangan pusat karier, nantinya “TRASTmi” juga akan mengembangkan aplikasi melalui desain yang baik bagi alumni dan juga stakeholders terhadap kuesioner berstandar sehingga memungkinkan kompilasi dan komparasi data yang dapat dipertanggungjawabkan.

Dr. F. Pambudi Widiatmaka, M.T., M.Mar.E, selaku Ketua Alumni Zona Khusus Semarang juga menyambut baik adanya aplikasi “TRASTmi” ini. Hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat merekam jejak alumni dengan lebih akurat, sehingga ada koordinasi yang baik antara alumni dengan pihak sekolah dan untuk meningkatkan SDM yang berkompetensi dan mampu bersaing di dunia internasional. Kepala Subbagian Ketarunaan dan Alumni Capt. I Kadek Laju, S.H., M.M., M.Mar dalam kesempatan yang sama juga meminta dukungan dari alumni untuk segera melakukan update data karena melalui aplikasi “TRASTmi” nantinya terintegrasi dengan industri maritim.

Kedepan peran alumni sangat diharapkan bagi keberlanjutan “TRASTmi” dan juga kemajuan PIP Semarang. Dalam kesempatan ini pula diharapkan para alumni dapat berbagi informasi terbaru kepada taruna yang dapat disampaikan melalui kuliah umum atau ceramah motivasi guna memberikan gambaran dunia kerja pelayaran, baik di kapal atapun pelabuhan. Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh Nuki Dhamayanti selaku pewara dan ditutup dengan sesi foto bersama.