Rangkaian Kegiatan Madatukar Terpadu 2021 untuk Calon Taruna Telah Usai

Kegiatan Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) diselenggarakan untuk membentuk dan melatih calon taruna-taruni menjadi pribadi yang memiliki sikap disiplin dan terampil. Madatukar ini diklasifikasikan menjadi beberapa kegiatan. Yang pertama kegiatan orientasi atau pengenalan kampus bagi calon taruna/i dilaksanakan pada tanggal 5-8 Oktober 2021 secara virtual oleh masing-masing kampus. Calon Taruna-taruni Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan kegiatan sesuai jadwal dan mengisi presensi harian dengan menyertakan bukti unggah. Pengenalan kegiatan di asrama dari bangun pagi hingga istirahat malam.

Kedua adalah kegiatan Pra Madatukar dilakukan selama calon taruna/i PIP Semarang menjalani masa karantina di kampus terhitung mulai tanggal 11-10-2021 ketika sudah melaksanakan swab antigen pertama, sampai masa karantina selesai yaitu 15-10-2021 secara virtual. Materi yang disampaikan yaitu pengenalan organisasi, pembekalan Peraturan Baris Berbaris (PBB) statis, tata upacara, tata cara menghadap, kerapian asrama dan dinas jaga.

Selanjutnya kegiatan ketiga adalah Pra Madatukar Praktik dilaksanakan secara tatap muka dengan jumlah calon taruna/i PIP Semarang on campus sebanyak 387 orang terdiri dari calon taruna Prodi Nautika 140 orang, Prodi Teknika 143 orang, dan Prodi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan sejumlah 104 orang. Sebelumnya, calon taruna/i sudah melaksanakan swab antigen yang kedua pada tanggal 15-10-2021 dan seluruhnya dinyatakan non-reaktif setelah karantina selama 7 hari. Materi yang diberikan terdiri dari pembekalan PBB dinamis, peraturan tata tertib taruna, kebugaran, dan pemeliharaan kebersihan kesehatan lingkungan.

Mengakhiri rangkaian kegiatan yang ke-empat dilaksanakan Madatukar Terpusat pada tanggal 25-10-2021 diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan secara virtual serentak diikuti seluruh UPT di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dr. Ir. Djoko Sasono, dan laporan penyelenggaraan Madatukar Tahun 2021 disampaikan oleh Plt. Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, M.Sc. Selanjutnya kegiatan diisi oleh para narasumber dari Kementerian Kesehatan, Ruang Guru, BNPT, Kementerian Agama, BNN, serta Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan untuk semua matra yaitu Darat, Laut, dan Udara. Kegiatan Madatukar Terpusat berakhir dan ditutup pada tanggal 29-10-2021. Dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan calon taruna/i resmi menjadi Tunas Taruna.