“Ekonomi Kelembagaan: Studi Kasus Sektor Transportasi”, Judul dari Acara Bedah Buku

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Kementerian Perhubungan, melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL) menyelenggarakan acara bedah buku dengan judul “Ekonomi Kelembagaan: Studi Kasus Sektor Transportasi” yang dihadiri langsung oleh penulis buku Prof. Wihana Kirana Jaya, acara berlangsung dengan metode hybrid. Metode hybrid mengonsep para panelis dan tamu undangan hadir secara luring pada saat acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta dapat diikuti oleh panelis maupun para peserta yang akan mengikuti acara bedah buku via video conference Zoom dan melalui kanal YouTube Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang pada Senin, (25/10/2021), bertempat di Auditorium “Balai Mas Pardi” kampus PIP Semarang.

Acara dibuka secara resmi oleh Menteri Perhubungan RI, Ir. Budi Karya Sumadi yang hadir secara virtual sebagai Keynote Speech, dalam sambutannya Menhub menyampaikan apresiasi kepada PIP Semarang atas dedikasinya yang telah menyiapkan tenaga ahli bidang transportasi dan logistik, serta telah menyelenggarakan acara ini, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang realitas dari dunia transportasi. Menhub juga menyoroti rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia, oleh karena itu dengan adanya acara bedah buku, Menhub berharap dapat meningkatkan minat baca civitas academica PIP Semarang khususnya dan insan perhubungan pada umumnya, serta dapat mengambil inti sari penting dari buku dan acara ini.

Acara selanjutnya sambutan dari Plt. Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, M.Sc., dalam sambutannya pelaksana tugas Kepala BPSDMP menyampaikan, kegiatan bedah buku merupakan salah satu kegiatan akademik yang patut dikembangkan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah BPSDM Perhubungan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan di bidang transportasi.

“BPSDM Perhubungan mendukung dan mendorong para dosen di matra darat, laut, udara, serta perkeretaapian, agar mengasah literasi pengetahuan serta meningkatkan kemampuan untuk dapat menghasilkan karya buku dalam bidang transportasi darat, laut, maupun udara yang bersaing di kancah nasional maupun menembus kancah internasional dan menjadi referensi dari berbagai pihak,” kata Capt. Antoni dalam opening remaks.

Beranjak menuju inti dari acara bedah buku ditandai dengan penandatanganan secara simbolis sampul buku oleh penulis, Prof. Wihana Kirana Jaya, yang saat ini juga menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi, Kepala PPSDMPL Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M., M.H. sekaligus bertindak sebagai moderator acara bedah buku, serta Direktur PIP Semarang Capt. Dian Wahdiana, M.M.

Tampak hadir beberapa panelis yang berasal dari praktisi dan akademisi, di antaranya Direktur Kepelabuhanan Ditjen Perhubungan Laut Ir. Subagiyo, M.T. yang hadir secara virtual, Direktur Teknik PT. Pelindo Multi Terminal Prakossa Hadi, Expert pada SDGs Center Universitas Diponegoro (Undip) Bulan Prabawani, Ph.D., serta akademisi dari PIP Semarang Capt. Hadi Supriyono, M.M., M.Mar., dan Dr. F. Pambudi Widiatmaka, M.T., M.Mar.E.yang turut menyaksikan dan memberikan tanggapan dari acara bedah buku “Ekonomi Kelembagaan: Studi Kasus Sektor Transportasi”.

Sebelum menutup acara, penyerahan sertifikat secara simbolis diberikan oleh moderator kepada semua panelis. Dan acara pun ditutup dengan ditandai closing remaks oleh Direktur PIP Semarang dan dilanjutkan sesi tanda tangan Buku Ekonomi Kelembagaan: Studi Kasus Sektor Transportasi dari penulisnya serta sesi foto bersama dengan para peserta.