PIP Semarang Laksanakan Sosialisasi Keselamatan Kerja bagi Pekerja Galangan Kapal sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat

Ditengah pandemi yang belum usai, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kegiatan ini terlaksana bekerja sama dengan Kantor KSOP Kelas IV Tegal. Bertempat di Ruang Virgo Hotel Karlita Tegal, kegiatan ini dilaksanakan pada 6-8 Oktober 2021.

Hadir memberi sambutan dan membuka acara Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) PIP Semarang H. Mustholiq, MM, M.Mar.E mewakili Direktur PIP Semarang. Hadir pula Kepala KSOP Kelas IV Tegal yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Koordinator SHSK, Kusdiyanto, S.IP yang membacakan sambutan Kepala KSOP Kelas IV Tegal. Dalam sambutannya, Kusdiyanto menyampaikan dukungan dan apresiasi pada program kerja PIP Semarang dalam bentuk pengabdian masyarakat bagi pekerja galangan kapal dan pemilik galangan di Kota Tegal. Nampak di barisan tamu undangan Ketua Asosiasi Galangan Kapal Tegal (ASGAT) yang diwakilkan oleh Rismanto turut serta hadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini mengusung tema “Sosialisasi Keselamatan Kerja Bagi Pekerja Galangan Kapal”. Tercatat 65 orang yang tergabung dalam 14 galangan kapal mengikuti kegiatan ini. Materi dalam kegiatan ini diantaranya Peraturan Pembangunan Kapal Baru/ Perombakan yang disampaikan oleh Sofyan, S.H. selaku Pemroses Data Status Hukum Kapal KSOP Kelas IV Tegal, dilanjutkan pemaparan materi kedua oleh Kaprodi Teknika PIP Semarang Ahmad Narto, M.Pd., M.Mar.E yang membahas mengenai Kelistrikan Kapal. Setelah istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga yang disampaikan oleh Capt. Karolus G Sengadji, M.M. dengan judul Peraturan Rancang Bangun Kapal.

Seluruh kegiatan berlangsung interaktif dipandu oleh moderator Sugiharti, S.H. yang sangat komunikatif dalam memandu jalannya acara sampai dengan sesi tanya jawab yang diikuti pemberian suvenir bagi penanya terpilih. Nampak antusiasme dari para peserta dalam mengikuti pelatihan ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Kegiatan diakhiri dengan pembagian cendera mata berupa emergency lamp kepada seluruh peserta dan foto bersama.