PIP Semarang Kembali Selenggarakan DPM Kapal Niaga Angkatan III

Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kapal Niaga (KN) Angkatan III kembali diselenggarakan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, dari tanggal 4-19 Oktober 2021, Peserta DPM Angkatan III berjumlah 91 peserta, 39 peserta dari beberapa Sekolah Pelayaran Menengah (SPM) di Jawa Tengah dan 52 peserta adalah masyarakat umum yang berasal dari Kabupaten Pati, Kabupaten Boyolali, dan kabupaten Pemalang

Tampak hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali Drs. Masruri dalam upacara pembukaan DPM KN Angkatan III yang dipimpin oleh Nasri, M.T. selaku Wakil Direktur I, pada hari Senin pagi, 4 Oktober 2021, bertempat di Auditorium “Balai Mas Pardi”. Dalam sambutannya, Nasri, M.T. menyampaikan selamat datang kepada para peserta diklat dan menghimbau dalam pelaksanaan diklat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, mematuhi aturan yang berlaku di lingkungan PIP Semarang serta menjaga nama baik PIP Semarang di manapun berada.

“Selamat anda semua telah terpilih menjadi peserta diklat DPM di PIP Semarang, kita ketahui tidak semua masyarakat bisa mengikuti kegiatan ini, jadi manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya,” kata Wadir I.

Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Sekda Kabupaten Boyolali yang telah bekerja sama dengan baik hingga terlaksananya kegiatan DPM periode kali ini.

Pelaksanaan DPM KN Angkatan III mempunyai tujuan memberikan pelatihan keselamatan dasar sehingga peserta bisa memahami langkah tepat yang harus diambil saat terjadi kecelakaan kerja di atas kapal, sehingga dapat menghindari adanya korban jiwa.

Selama 16 hari Pelaksanaan DPM, seluruh peserta mengikuti 4 (empat) materi yaitu, Basic Safety Training (BST), Advanced Fire Fighting (AFF), Security Awareness Training (SAT) dan Seafarers with Designated Security Duties (SDSD). Selain materi teori, peserta DPM juga mendapatkan materi praktek yang disampaikan oleh para pengajar PIP Semarang yang profesional dan kompeten.