PIP Semarang Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Batang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Klidang Lor, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Kamis, 23 September 2021.

Hadir memberi sambutan dan membuka acara Wakil Direktur (wadir) I Nasri, M.T., M.Mar.E. yang bertindak mewakili Direktur PIP Semarang. Beliau menyampaikan tujuan PIP Semarang melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui sosialisasi terkait dengan keselamatan kerja untuk petugas galangan kapal di Klidang Lor. ”PIP Semarang adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi di bidang pelayaran, selain tupoksi kami melaksanakan pendidikan dan pelatihan baik diklat pembentukan jenjang Diploma IV bagi taruna, Diklat Peningkatan untuk peserta umum, bahkan Diklat Keterampilan Kecakapan Pelaut, kami juga memiliki tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ungkap wadir 1.

Dalam pembukaan hadir pula Kepala Desa Klidang Lor, Camat Batang yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan, Kapolsek Batang, dan Danramil Batang.

Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini yaitu: Yupiter Adi Prawayoga, Abdi Seno, M.Si., Capt. Firdaus Sitepu, M.Si., dan  Ashadi Nuryanto. Materi yang disampaikan antara lain Dasar-Dasar Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan, Kelistrikan Kapal, Bangunan Kapal, serta Peraturan Perundang-undangan Tenaga Kerja. Selanjutnya diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Kegiatan bertajuk “Sosialisasi Keselamatan Kerja Galangan Kapal Tradisional” ini diikuti 65 orang peserta dari para pekerja galangan kapal. Dalam kesempatan tersebut, PIP Semarang juga menyampaikan sumbangan berupa safety shoes kepada peserta kegiatan. Rangkaian acara dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penyebaran Covid-19.